Prank Nggatheli

ilustrasi

Oleh : Kardono Ano Setyorakhmadi

YOUTUBER bernama Ferdian Paleka ini membuat prank yang menjijikkan. Bersama teman-temannya, dia memberi bantuan ke para waria. Namun, kardus mie instannya berisi batu bata dan sampah-sampah yang dikumpulkannya.

Dalam narasinya, Ferdian berkata bahwa dia berusaha membantu program pemerintah yang bertujuan untuk membersihkan...”sampah-sampah masyarakat” sahut temannya. Dengan nada yg di telinga saya sok asik tapi nggatheli.

Adegan berikutnya bisa ditebak, para waria yang semula senang langsung memaki-maki, dan ferdian dan teman-temannya tertawa2.

Saya yakin Ferdian tentu saja tak berniat benar2 membantu pemerintah. Dia hanya membuat content, dan mendulang adsense dari pelecehan kemanusiaan seperti ini.

Setahu saya waria adalah salah satu kelompok masyarakat yang paling menderita di saat pandemi. Secara sosial banyak yang tak menerima, bantuan pun jarang-jarang (saya hanya menemukan satu aksi donasi kepada mereka di Surabaya). Praktis mereka harus bertahan sendirian.

Ketidaksukaan atau ketidaksetujuan atas nama ideologi, agama, boleh saja ditujukan kepada para waria. Tapi, tetap saja tak boleh mereka direndahkan seperti ini. Pura2 diberi donasi, dan ternyata isinya batu bata dan sampah.

Sepertinya, Ferdian dkk ini sebenarnya yang sampah, bukan waria-waria itu dalam hal ini...

Sumber : Status facebook Kardono Ano Setyorakhmadi

Monday, May 4, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: