Prabowo Orang Ikhlas Kan?

ilustrasi

Oleh : Fadly Abu Zayyan

Dulu ketika masih ramai hiruk pikuk dikotomi dan polarisasi dukungan Jokowi-Prabowo, saya adalah pendukung Jokowi. Namun begitu saya tidak pernah menjelekkan atau bahkan membenci Prabowo. Tapi kalau candaan ringan terkait beliau beberapa kali memang saya lakukan.

Dalam beberapa tulisan "serius" saya sering mengatakan bahwa Prabowo adalah Timses Jokowi. Beliau bertugas mengantarkan Jokowi menjadi Presiden dengan perannya dalam bingkai rivalitas. Termasuk mereduksi potensi konflik ketika eskalasinya meningkat agar manajemen konflik bisa tetap terukur.

Beberapa kali upaya "peredamanan" dilakukan saat kondisi di tengah masyarakat mulai memanas. Berkuda bersama, berpelukan di arena, saling memuji dan hal lainnya. Makanya saya juga sering mengutip pernyataan Gus Dur bahwa beliau adalah pemimpin paling ikhlas. Dan seorang pemimpin tidak harus menjadi Presiden.

Kini saat Pandemik Covid-19 juga turut menghantam Indonesia, Prabowo kembali menunjukkan Jiwa Patriot dan Rasa Ikhlasnya. Dalam senyap beliau berangkat ke China dalam tugas diplomatik terkait penanganan wabah Corona di Indonesia. Dan saat ini kita bisa melihat hasil dari kontribusi beliau.

"Bro! Bener juga kamu. Ternyata Prabowo orang yang Ikhlas untuk Indonesia. Saat minggu lalu aku bertanya kemana beliau, ternyata sedang menjalankan tugas negara yang sangat penting." Ujar kawanku yang dulu juga pendukung Jokowi kini tanpa beban juga memuji-muji Prabowo. Sebuah sikap berbeda dengan kelompok sebagian orang yang hingga saat ini masih memelihara kebencian di hatinya terhadap Jokowi.

Saat orang China menyalahkan Amerika, dan orang Amerika menyalahkan China, justru sebagian kelompok orang di Indonesia malah menyalahkan Presidennya. Cerdas Tenan! Pun sampai saya tak mampu mencerna nalarnya.

*FAZ*

Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan

Tuesday, March 24, 2020 - 10:30
Kategori Rubrik: