Post Hoc Ergo Propter Hoc

ilustrasi
POST HOC ERGO PROPTER HOC
Oleh : Alim
adalah jenis kesalahan logika yang dilakukan karena manganggap "Karena Z terjadi setelah X, maka X adalah penyebab Z" -- yang terjadi belakangan pasti disebabkan oleh kejadian sebelumnya.
Padahal, tidak begitu. Logika semacam ini menafikan kejadian-kejadian lain yang justru menjadi penyebab.
Kemarin ramai berita Bupati Sleman positif covid seminggu setelah divaksinasi. Langsung banyak yang berpikir bahwa positif covid pak Bupati itu pasti karena vaksinasi.
Perlu diketahui:
Pertama, bahwa vaksin itu berisi virus inaktif jadi tidak menginfeksi. Positifnya pak Bupati itu dari penularan, maka harus cek kontak alias tracingnya, pak Bupati habis kontak sama siapa?
Kedua, sudah divaksin kok masih terinfeksi? Perlu dipahami bahwa vaksin TIDAK mencegah virus masuk. Vaksin itu gunanya untuk memancing antibodi terbentuk, termasuk memancing sel memori untuk mengingat "wajah" virus sehingga kalau ada virus masuk, tubuh kita tidak perlu lama memproduksi antibodi yang tepat. Sekali lagi, vaksin itu bukan untuk mencegah virus masuk. Yang mencegah virus masuk ya masker kita dan M lainnya.
Oleh karena itulah kenapa kampanye 3M-3T terus dilakukan meski sudah berjalan vaksinasi. Ingat, VAKSINASI BUKAN PENGGANTI 3M!
Ketiga, antibodi baru terbentuk kira2 sepekan-duapekan setelah vaksinasi. Menurut penelitian, setelah suntikan pertama sinovac, antibodi baru "lahir sebagian".. maka diberikan booster (suntikan kedua) untuk memancing antibodi dalam jumlah yang lebih besar.
Antibodi ini akan melindungi tubuh dari serangan virus sehingga bila ada virus masuk, maka infeksi dan kerusakan yang timbul tidak terjadi hebat/berat.
Keempat, orang yang sudah divaksinasi, meski sudah lebih aman daripada yang belum, masih mungkin menularkan bila ia kena virus. Saat menularkannya adalah setelah terkena virus, tapi belum habis disikat oleh antibodi. Itu teori dasarnya, tapi kita terus menunggu penelitian lebih lanjut mengenai potensi penularan dari orang yang telah divaksinasi namun terinfeksi, agar lebih valid.
Semoga membantu menjelaskan
Sumber : Status facebook Alim
Saturday, January 23, 2021 - 18:15
Kategori Rubrik: