by

Politik Uang di NU?

Ketika saya memegang kegiatan langsung, panitia pelaksana, banyak ustadz muda maupun kiyai dari luar kota, luar porvinsi bahkan luar pulau yang menanyakan biaya akomodasi, padahal ketua panitia tidak jadi memberikan anggaran untuk itu. Karena urusan teknis. Akhirnya saya memberanikan diri saya gunakan anggaran yang saya pegang untuk meringankan transport mereka, ada dari Jakarta, Jatim, Palembang, Lampung dll.

Jadi di internal NU tidak ada politik uang, baik didalam maupun diluar. Didalam seperti diatas, diluar seperti tuduhan yang baru-baru ini NU dapat 1.5 T, seperti yang pernah di sampaikan CN. Ternyata 1.5 T itu bukan untuk NU chas, melainkan pinjaman lunak untuk warga NU yang disalurkan melalui koperasi di lingkungan warga NU. Sebagai pinjaman tentu saja uang itu dikelola dan dikembalikan kepada negara. Itupun sampai sekarang belum dicairkan.

Kenapa pinjaman lunak? karena koperasi kecil itu biasanya meminjam uang untuk dipinjamkan lagi ke nasabah dari bank konvensional. Misalnya koperasi meminjam ke bank dengan bunga 0.8%, koperasi meminjamkan kembali kepada nasabahnya dengan bunga 2%. Iya bunga koperasi itu 2%. Nilai bunga yang sulit sekali membuat usaha tumbuh. Dengan bantuan Negara melalui kemenkeu, menyalurkan pinjaman lunak, misalnya tanpa bunga, maka koperasi kecil ini dapat meminjamkan kepada nasbah, yang tidak lain warga NU yang tersebar di pelosok daerah, dengan bunga yang relatif sama dengan yang dipinjamkan oleh bank konvensional seperti KUR dll, 08%, 1%, maksimal 1.25%.

Ketika membahas uang 1.5 T itu saya melihat Ketum PBNU Prof KH. Said Aqil Siradj sangat emosional. Saya bisa bersimpatik, dan saya kira sangat wajar. Apa salahnya warga NU kecipratan pinjaman lunak 1.5 T untuk puluhan ribu warga, dari total uang APBN dan ribuan triliun lainnya yang berputar dinegara ini. Ini oligharki yang dikritik pedas oleh beliau. Sebagai contoh APBN 5 tahun sekitar 7500 Triliun, masa warga NU pinjam 1.5 T saja tidak boleh? Giliran negara ribut, dirongrong oleh kaum radikal, pemerintah sowan ke PBNU, giliran Pilpres butuh dukungan suara sowan ke PBNU. Masa pinjam buat warganya 1.5 T dari 7500 T APBN (dalam 5 tahun), atau bahkan 1.5 T dari puluhan ribu triliun yang beredar, tidak boleh?

Jadi NU bersih dari politik uang? Kalau oknum ya ada. Tapi NU sebagai organsiasi tidak ada politik uang. Ya namanya manusia oknum pasti ada. Tetapi isu yang beredar soal politik uang di NU dan di Muktamar NU tidak benar. Apalagi dengan adanya gerakan koint NU untuk muktamar. Maka tuduhan itu semakin tidak berdasar. Sekarang saja sudah terkumpul 9 M.

Sumber : Status Facebook Ahmad Tsauri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed