Politik Pencitraan

ilustrasi
Oleh : Munawar Khalil
Sebagian, ada yang tidak pernah membaca buku ini, apalagi sampai khatam. Tapi mampu melakukan pencitraan dengan sempurna baik via media sosial maupun secara langsung untuk kemudian dibagikan kebeberapa lini dan media massa. Tujuannya adalah mencitrakan diri sebagai personal hebat yang mampu bekerja dengan baik.
Disisi sebaliknya, ada yang khatam dengan berbagai buku dan sumber literatur lain tapi gagal dan tidak mampu melakukannya.
Orang-orang pada kelompok pertama, telah menganalisa dengan seksama pola hubungan interaksi ini sejak lama. Tentunya karena hidup dan bekerja dalam periode dimana struktur oligarki sangat membutuhkan asupan bisikan lewat citra. Kedua, komunikasi politik pencitraan akan membuat struktur oligarki tadi bertahan menjaga power, priviledge and prestise mereka.
Hal ini linier dengan teori konflik. Ada beberapa orang yang tidak pernah membaca teorinya, tapi fasih dan lihai membuat konflik lalu memanajemennya.
Sebuah realitas. Ada banyak orang beruntung terlahir dengan bakat alamiah melakukan tindakan hebat yang tidak mampu dilakukan orang lain tanpa harus susah payah belajar.
Salut
Sumber : Status Facebook Munawar Khalil
Thursday, January 28, 2021 - 10:00
Kategori Rubrik: