Plonga Plongo

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat Lc MA

Saya semakin heran dengan dua kubu yang sedang bertarung, apanya coba yang hebat dari laki-laki 'plonga plongo' itu. Kok sampai ada ketegangan segitunya?

Siapa ustadz yang antum maksud laki-laki 'plonga-plongo'?

Ya siapa lagi kalau bukan di Doel Anak Betawi. Coba aja perhatikan, di sepanjang filmnya sejak dari sineteon sampai layar lebar jilid 1, 2 dan 3 kan dia gitu-gitu aja. Ganteng banget enggak, kaya tajir melintir juga nggak, jabatan kagak ada, rumah pun juga reyot kampungan.

Keturunan? Bibit nih maksudnya, ya orang biasa. Terlalu biasa bahkan, anak sopir oplet si Sabeni.

Mobil? Bebet nih maksudnya ya

Hehe oplet tua bau bangke.

Bobot?

Nggak hero-hero amat dibandingkan jagoan avenger. Ototnya gak kekar kayak Hulk, wajahnya juga gak flamboyan kayak Tony Stark. Pokoknya cuma laki-laki biasa banget deh.

Sarah aja dulu nyebut dia sebagai 'primitif'. Lulus sih jadi tulang ingsinyur, tapi habis itu jobless, gak punya pekerjaan atawa penghasilan tetap, malah narik oplet.

So, Jenab dan Sarah, kalian berdua itu ngapain nguber-nguber laki-laki plonga-plongo tak bisa memberi kepastian, kenapa pula dibela-belain? Pakai bikin tim sukses segala. Tim Jenab dan Tim Sarah itu diinisasi gegap gempita buat apa coba?

Tapi . . .

Meski dikatain plonga-plongo, miskin, keturunan biasa-biasa saja, jobless, yang menarik bahwa semuanya itu memang potret asli kehidupan kita. Kita seperti bercermin di dalam kehidupan Si Doel.

Justru di dalam kebersahajaannya dia menuai sukses. Tidak muluk-muluk, tidak masuk dunia sinetron yang terlalu dibuat-buat bahkan mengada-ada. Jadi kita kayak melihat diri kita sendiri yang juga miskin, jobless, dan plonga-plongo.

Kalau pun ada yang mengada-ada, ya poligaminya itu. Itu memang mimpi indah buat para suami. Ya, benar. Buat para suami khususnya, semakin menikmati mimpinya. Mimpi indah punya dua bini gitu loh.

Biarin dah pada ngimpi indah. Abisan mana berani minta ijin ke istri untuk kawin lagi. Salah-salah buatannya palang pintu bisa pindah ke jidat.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Tuesday, February 4, 2020 - 08:45
Kategori Rubrik: