Pintu Fitnah Kubro/Besar Ala Suriah Nyaris Terbuka

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Dan peluang itu akan selalu ada, karena jumlah masyarakat yang sudah mengalami distorsi kognitif, tidak mampu membedakan informasi benar dan tidak, sudah sangat massif, akibat terpapar hoaks dan ujaran kebencian dalam waktu yang cukup lama, dan semakin intens dalam pemilu kita ini.

Kalaupun ada yang menyaru sebagai polisi, dan membunuh rakyat sendiri, saya jamin akan ada cukup banyak yang akan berkeras itu polisi pelakunya, tidak peduli bahwa ada bukti kuat yang menyatakan sebaliknya. Apalagi jika situasinya menyulitkan untuk memastikan pembuktian, dan masalahnya setiap konflik, selalu menyulitkan untuk memisahkan antara fakta dan fitnah.

Solusinya sederhana, dalam kondisi apapun, hindarilah potensi yang mengarah konflik horizontal, karena begitu terlanjur ada konflik, susah keluarnya, karena semua saling menyalahkan, tak ada titik terang. Hukum rimba yang akan berlaku, siapa yang kuat, ia yang akan menang. The winner takes all. Sudah pasti korban berjatuhan.

Jauhi konflik, apalagi perintah agama sangat jelas bahwa mendamaikan dua pihak yang berseteru, derajat kebaikannya melebihi shalat, puasa dan sedekah.

Jauhi hoaks, karena hoaks yang berlebihan akan menyebabkan orang mengalami penyakit kejiwaan, yang sulit disembuhkan, tak bisa membedakan realita dan alam fiksi.

Maka, di sepuluh akhir Ramadhan ini, mari kita bermunajat kepada Allah SWT, untuk memberikan keselamatan kepada negeri yang kita cintai ini

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Tuesday, May 28, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: