Pilpres 2019 Ujian Kemanusiaan Kita

ilustrasi

Oleh : Mimi Hilzah

Saya mencoba mengingat-ingat pesan kak MWN; tetaplah baik, tetaplah bersih, sejukkan hatimu selalu. Itu pesan yang beliau ulang-ulang tanpa lelah di setiap kesempatan, entah disampaikan langsung ataukah dikirim sebagai pesan tertulis.

Pesan yang berat. Sungguh berat. Baik itu seperti apa? Tidak melakukan keburukan, tidak menyakiti orang lain, tidak mengharap balasan, baik semata-mata mengharap ridha Allah dan karena manusia memang dipercaya lahir membawa sifat-sifat baik. Bukan sekadar mau dicap dan terlihat baik.

Bersih itu mungkin berarti jujur. Tidak melakukan kecurangan, berusaha bersikap adil, tidak mengotori lisan, pikiran apalagi hati. Tidak mengambil yang bukan hak, tidak menciderai hak orang lain. Tidak melakukan hal-hal kotor dan hina demi mencapai hasrat dan tujuan pribadi.

Lalu sejukkan hati selalu. Apapun keadaannya, sedang dalam masalah apapun, seberat apapun rintangan yang dihadapi. Semenyebalkan apapun harimu, kawan atau pasanganmu, tetap ikhlas. Tetap menjaga semangat dan tetap menebarkan hal-hal positif. Hati tidak mudah panas, dengki, berprasangka, dan seterusnya.

Beratnya. Dan saya belum sepenuhnya mampu.

Mohon maaf yang kemudian mendapati tidak berteman lagi dengan saya di dunia maya. Bukan hendak memutus tali silaturrahim tapi sekadar menghindarkan diri dari mengerjakan hal-hal yang sia-sia. Ada banyak sekali postingan yang terus-menerus menguji kesabaran, menciderai nilai-nilai adab yang saya percayai masih sangat bisa kita usahakan, alih-alih menuding dan berprasangka atas hal-hal yang kita sendiri belum tentu tahu asal kebenarannya. Shahih atau tidak. Dan mengajak orang memelihara serta meletupkan kebencian tanpa dasar-dasar yang benar dan jelas itu bukan permainan yang saya sukai.

Pilpres tahun ini memang luar biasa. Ujian kemanusiaan kita. Ujian kedewasaan kita. Ujian pertemanan. Ujian menjadi rakyat yang sejatinya tunduk pada aturan bernegara. Bahkan ujian bagi kita yang mengaku mengimani suatu agama yang (katanya) tidak pernah menganjurkan kita menebar kebencian dan fitnah keji terhadap sesama atau pun suatu kaum.

Kita mungkin akan berteman lagi jika hati kita sudah kembali sejuk.

Sumber : Status Facebook Mimi Hilzah

Sunday, April 21, 2019 - 11:15
Kategori Rubrik: