Pilih Bangun Infrastruktur Atau Macet

Ilustrasi

Oleh : Parawansa Assoniwora

Ada account FB yg makai Logo Lambang negara, yang upload ini sebagai kritikan, yang katanya cerdas, untuk masyarakat.

Sebenarnya... media mainstream ini udah tepat, memberi masukan pd pemerintah bahwa ada sektor yg harus diselamatkan pasca pembangunan tol.... dan itu udah bagus...

Nah, yg masalah, account tersebut menyebar ini sebagai alasan bahwa pemerintah tidak berpihak kepada masyarakat kecil. Well!!!

Pertama, perubahan itu adalah kepastian, tidak ada perubahan yang tidak memberi dampak. Itulah yg disebut interkoneksitas... bahwa tak ada sesuatu yg tidak terhubung dgn seseuatu yg lainnya..... Contohnya gini: waktu umurmu 1 tahun, apakah ketika berumur 5 tahun, maka baju yg kau pakai pd umur 1 tahun itu masih mau kau pakai? Akankah kau mengatakan bahwa kasian penjual baju itu, krn kau membesar maka mereka kehilangan satu konsumen?

Atau contoh lain. Tadinya kau ke kantor cuma jalan kaki, setiap kamu jalan, ada penjual minuman yg sering kau seinggahi, terus krn perubahan, akhirnya kau beli motor, dan kau tidak lagi perna mampir beli air minum pd penjual itu. Terus, apakah kau salahkan pabrik motor yg telah hancurkan bisnis penjual minum itu? Kan tidak.... Nah, ini contoh logika pendek dan kelompok manusia yg gak ngerti apa itu interkoneksitas..... org2 yg bangga dengan kemajuan produk, tp gak ngerti dampak dr perubahan produk itu sendiri...

Ingat, setiap org yg tidak mampu beradaptasi dgn perubahan itu, pasti akan tergilas dengan perubahan itu sendiri..... Masa’ situ mau pakai akses jelan yg membuat high-cost pagi penggunanya sehh.....??? Emang ada org yg diutungkan oleh kemacetanan. Tapi, udah hitung gak kerugiannya bagi pengguna utama akses jalan itu. Kenapa gak sekalian kau bilang bahwa banyak pengamen yg lahan ngamennya hilang sejak Tol ada.

Satu contoh lagi buat mereka yg tinggal di Kaltim yaa, yg sering makai jalan poros Samarinda-Balikpapan. Di situ ada namanya “warung Panjang” dan ada namanya “Tahu Sumedang”, nanti ketika jalan Tol Samarinda-Balikapan jadi, apakah kalian masih mau menggunakan jalan itu untuk ke Balikpapan atau sebaliknya?

Kalaupun ada, paling mereka yg tinggal di sepanjang jalan itu. Nah, dampaknya apa, tetunya hasil dagang Pemilik Warung disana akan turun drastis.... Kenapa, krn org lebih banyak milih lewat jalan Tol, karena lebih cepat dan efisien.... coba pikir deh.... pakai otak yaaa..... jgn tampak gak punya pikiran kritis sama sekali.

Sumber : Status Facebook Parawansa Assoniwora

Saturday, June 23, 2018 - 21:30
Kategori Rubrik: