Pikiran Besar

Ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

Suatu hari seorang sahabat mengirimkan sebuah ilustrasi tentang tiga “jenis” pikiran manusia (pikiran kecil, pikiran sedang, pikiran besar) dalam otak manusia. Namun sesuai konteks tulisan ini, saya mengadaptasinya menjadi dua jenis pikiran manusia, yakni : pikiran kecil dan pikiran besar. Pikiran kecil lebih suka membicarakan tentang “orang”. Sedangkan pikiran besar fokus pada “gagasan”. Sebagai konsekuensinya, ilustrasi itu menyebutkan bahwa pikiran kecil menghasilkan gosip dan pikiran besar menghasilkan solusi.

Kedua jenis pikiran itu menentukan out put kerja dan kehidupan manusia. Jika otak kita dipenuhi oleh pikiran kecil, maka kita akan sibuk dengan urusan orang lain, tidak menghasilkan apa pun yang bermanfaat kecuali perseteruan serta konflik. Namun bila pikiran besar yang mendominasi otak kita, maka ia akan aktif menemukan terobosan baru yang bermanfaat. Bagi saya, ilustrasi “ringan” ini relevan dijadikan pisau analisa menanggapi isu yang mendadak meledak soal 'gugatan cerai' Ahok pada Veronica yanh simpang-siur.

Untuk sebuah peristiwa yang sama – misal jatuhnya buah apel dari pohonnya – akan disikapi dan ditanggapi secara berbeda oleh kedua jenis pikiran itu. Pikiran kecil akan tertarik dengan pertanyaan : “ Siapa sih yang kemarin kejatuhan buah apel ? Sedangkan pikiran besar akan bertanya : “ Kenapa buah apel itu jatuh ke bawah, bukannya ke atas ? “.

Beredarnya surat gugatan cerai Ahok akan ditanggapi pikitan kecil : "Kenapa sih Ahok mau cerai ? Benar ngga sih ? Siapa sih yang sebarkan ?" Pikiran besar akan bertanya : " Kenapa isu itu muncul di tengah berbagai kekonyolan politik belakangan ini ?"

Mari kita jadi pikiran besar : biarkan Ahok tenang dalam heningnya, dan Vero tenang menjaga anak-anaknya. Jangan siramkan bensin ke dalam api. Sederhana saja, soal isu Ahok - kita tunggu penjelasan paling valid : keluarga. Dan mari kita jadi pikiran besar yang sibuk mencari solusi atas Ibu Kata yang justru semakin 'tercerai-berai'.

Cukup kita kirimkan cinta pada Ahok, Vero dan anak-anaknya.....

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Thursday, January 11, 2018 - 16:30
Kategori Rubrik: