Pertempuran Sesungguhnya Baru Saja Dimulai

ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

Lawan Jokowi sungguh bukan Prabowo. Lawan sejatinya lima tahun ke depan adalah : kuku-kuku Orba yang masih ingin mencengkeram, korupsi yang sistemik, dan radikalisme yang sudah merasuk nyaris ke semua dimensi kehidupan masyarakat. Itu semua pertempuran maha besar yang belum pernah bisa diselesaikan selama ini.

Gawe maha besar itu tentu tak bisa dihadapi oleh Jokowi seorang diri. Dia butuh pasukan kabinet yang pilih tanding secara kompetensi, integritas tanpa syarat, kesetiaan bulat kepadanya, plus nyali rajawali yang tak takut mati.

Pasukan itu juga masih belum cukup, Jokowi juga perlu mobilisasi massa - yang bukan hanya dari pendukungnya - tapi juga para pembencinya. Ini butuh energi ekstra.

Sungguh tak mudah. Banyak pekerjaan Jokowi yang masih bolong-bolong di periode pertama. Misalnya perlindungan hukum yang setara bagi kaum minoritas. Isu ini tidak berdiri sendiri, tapi bertali-temali dengan tiga gawe besar di atas.

Saya masih berharap besar pada Jokowi, karena secara moral-psikologis : Jokowi sudah tanpa beban di periode kedua - nothing to lose. Saya berharap dia akan all out, cancut-taliwondo menghajar semua masalah itu.

Jadi pertempuran baru dimulai. Jangan biarkan Jokowi sendiri. Jokowi punya nyali rajawali untuk itu, selama dia tak diganduli beban-beban tak perlu di pundaknya.

Selamat berjuang...

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Friday, June 28, 2019 - 19:45
Kategori Rubrik: