Pertama di Dunia, Ada Presiden Cek Detail Proyek Pemerintahannya

Oleh : Alif Kholifah

Kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung  ke daerah untuk melihat langsung pelaksanan sejumlah proyek besar di tanah air. Kali ini Jokowi melakukan peninjauan proyek tol Indralaya di Palembang, pada hari Kamis (3/3/2016).

Tol  dengan  panjang 22 kilometer  mempunyai tantangan cukup berat karena  medannya sangat berat sekali. Tak kurang dari 17 kolometer terdapat rawa-rawa, sedangkan sisanya 5 kilometer  tanpa rawa-rawa. 

Presiden Jokowi, seperti yang dilangsir dari  setkab.go.id, mengatakan bahwa pembangunan  tol Indaralaya sudah dimulai bulan Juli tahun yang lalu.”Progresnya juga saya kira karena medannya sangat berat dan sudah sangat bagus dan kita berharap ini adalah cabang dari poros Lampung, Palembang dan seterusnya ke atas ke Aceh.”

Perkembangan pekerjaan proyek saat ini, menurut Presiden, masih baru 11 persen. “Karena medannya sangat berat rawa semuanya, teknologinya coba nanti kita liat di sana harus air dipompa keluar dulu semuanya baru bisa masuk tanah untuk perkerasan dan kita harapkan nanti pada bulan kering sudah bisa mulai diperkeraskan dan diaspal,” jelas Presiden.

Presiden terlihat sangat serius melihat detail kondisi tol yang sedang dibangun. Ia tak segan untuk turun langsung melihat proses pengerjaan bahkan sampai melihat kondisi tol yang sedang di bangun. 

Meskipun sudah ditangani kementerian  terkait, tetapi memastikan kwalitas jalan tol yang sedang dibangun kemudian juga memastikan kemajuan setiap proyek menjadi hal yang biasa bagi Jokowi.

Apa yang dilakukan Jokowi, bukan karena tidak percaya dengan kinerja bawahannya tetapi ia memilih untuk tidak mendengarkan saja laporan dari bawahannya tetapi ia memastikan kemajuan proyek dengan turun langsung ke lapangan.

Langkah yang dilakukan Jokowi  membuktikan bahwa ia bukan tipe pemimpin/presiden  yang mau begitu saja menerima laporan dari bawahan alias  Asal Bapak Senang (ABS).  Ia bertanggung jawab penuh atas kinerja pemerintahannaya sehingga selalu berupaya memastikan semua proyek yang direncanakan masih sesuai dengan perencanaan. Ia tahu persis detail proyek yang direncanakan sehingga ia berkepentingan untuk melihat perkembangan secara detail pula.  Ia selalu memastikan proyek pemerintahannya bermanfaat bagi rakyat  untuk jangka waktu panjang.

 Presiden mempunyai harapan  pada tahun 2017 pengerjaan tol  bisa terselesaikan .“Setidaknya sekitar pertengahan atau mundur sedikit,” terang Presiden.**

 

Sumber foto: Agus Suparto

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *