Persiapan Pilpres Melalui Medsos Sudah Dilakukan

Ilustrasi

Oleh : Teguh Arifiyadi

Libur lebaran ini pusat kendali kami tetap beroperasi, untuk memastikan tidak ada gangguan provokasi di internet yang bisa memicu terjadinya kekerasan masif ataupun ancaman teror bagi masyarakat.

Jika lalu lintas kendaraan selama libur lebaran ini dilaporkan lancar dan relatif aman, tidak demikian dengan lalu lintas konten internet yang kami pantau. Lalu lintas konten internet dilaporkan masih tetap padat merayap. Hoaks dan fitnah masih saling bersautan.

Jadi teringat ketika saya mengisi kuliah tamu di salah satu kampus, seorang mahasiswa bertanya, seberapa banyak sih orang-orang yang rajin menyebarkan permusuhan dan hoaks di media sosial? 

Saya jawab saja "mereka tidaklah banyak dibanding jumlah pengguna internet dan media sosial kita, tapi mereka sangat BERISIK!"

Libur lebaran ini, pantauan kami, konten internet khususnya di facebook masih berputar soal isu lucu dan menggemaskan tentang kepemilikan tol, bandara, bahkan istana. Sisanya berkutat soal pro kontra kunjungan seorang tokoh di sebuah forum Yahudi Amerika.

Belum ada yang perlu kami khawatirkan jika masih seputar 2 hal itu. Tapi yang mengkhawatirkan justru dari platform sebelah (Twitter). Pemanasan menjelang 2019 tampaknya sudah dimulai. Akun-akun yang disiapkan sebagai 'petarung' banyak yang mulai dilahirkan. Konten bermuatan fitnah dan aib mulai masif diproduksi.

Kalau sudah urusan ke fitnah dan provokasi, biasanya tim penegak hukum yang ambil bagian. Kami hanya memastikan konten semacam itu bisa diminimalisir penyebarannya, karena semua pasti paham mustahil konten yg sudah beredar di internet dibersihkan.

=====
Selamat menikmati mudik sedulur semua, nikmati saja semua fasilitas yang dibangun bersama ini. Percaya saja, siapapun presidennya pasti akan membangun negeri ini dengan segala perhitungan. Urusan pulitiknya jangan dibawa pulang mudik. Nyinyirnya dipakai nanti saja utk 'mengejek' kekalahan tim lawan di piala dunia.

Sumber : Teguh Arifiyadi

Saturday, July 7, 2018 - 00:00
Kategori Rubrik: