by

Persamaan Klepon dan Covid

Belum lagi isu isu viral lain tentang covid yang beredar di youtube, whatsapp, facebook, dan lain-lain yang, sama seperti isu klepon ini, banyak yang awalnya dilempar ke medsos oleh entah siapa dan untuk tujuan apa, walaupun kadang nyatut nama seseorang juga. Mulai dari bahwa covid ini adalah konspirasi, covid ini flu biasa, covid ini bisnis nakes, hingga hoaks-hoaks terkait pengobatan covid.

Walaupun ada juga isu covid yang awalnya jelas disebarkan oleh orang yang jelas identitasnya, misalnya youtuber, pemusik, mantan menteri, selebgram, pebisnis, yang, semua benang merahnya kayaknya sama: pansos juga.

Itu yang di medsos. Bagaimana dengan yang di dunia nyata?

Kurang lebih ada yang sama. Misalnya, isu tentang pasien yang di-covid-kan, hingga berujung pada perampasan jenazah covid-19 dan penganiayaan petugas pemulasaran jenazah. dari sebagian besar kasus, ketika akhirnya petugas keamanan dan kepolisian turun tangan, banyak di antaranya provokatornya justru bukan pihak keluarga jenazah, bahkan orang yang berasal dari luar daerah.

Bedanya, isu klepon ini paling-paling cuma berujung pada rundungan, dan paling secepat viralnya termogun yang katanya merusak otak itu. Sedangkan isu covid ini berujung lebih fatal dan semakin memperberat upaya pengendalian covid-19 ini.

Btw, kalau dilihat lihat, bentuk klepon kok sama sama ada mahkotanya ya di selubung nya. Mirip virus Corona. Jangan-jangan ini tanda viralnya isu agama klepon ini bagian dari konspirasi.

Sumber : Status Facebook Atoillah Isvandiary

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed