Pernyataan Pesantren Babakan Pada HTI, Ganyang HTI

Ilustrasi

Oleh : Agus Salim

Setelah mengeluarkan resolusi jihad mbah hasyim di desak oleh para kyai dan bung tomo untuk segera menabuh genderang perang, namun mbah hasyim menunggu pernyataan sikap dari kyai abbas pesantren buntet cirebon dan kyai amin sepuh pesantren babakan ciwaringin cirebon, setelah kedua kyai kanuragan cirebon ini menyatakan sikapnya, seluruh kyai dan santri sewilayah 3 ( cirebon, indramayu, majalengka dan kuningan ) menyatakan sikap siap siaga untuk berjihad.

Pada saat mendengar pasukan Inggris akan mendarat di Surabaya, Kiai Amin menggelar rapat dengan kiai-kiai lain di kawasan Cirebon. Pertemuan ini diselenggarakan di kawasan Mijahan, Plumbon, Cirebon. Di antaranya kiai-kiai yang hadir, yakni Kiai Abbas Abdul Jamil Buntet, KH. Anshory Plered, Kiai Fathoni dan beberapa ulama lain. Pada pertemuan ini, dibahas beberapa point penting tentang posisi pesantren menghadapi penjajah dan strategi barisan santri pada masa awal kemerdekaan.

Pertemuan ini, berhasil membuat kesepakatan di antaranya majelis kiai, bahwa pesantren harus terlibat dalam perjuangan kemerdekaan. Selepas pertemuan ini, ditindaklanjuti dengan pengiriman laskar santri ke Surabaya untuk menghadang 6000 pasukan Brigade 49, Divisi 23. Pasukan NICA ini dipimpin oleh Brigadir Jendral AWS Mallaby. guna membahas strategi serangan, pembagian tugas dan lain-lain, setelah di sepakati bersama kyai khos yang di tunjuk untuk terjun di medan laga adalah mbah kyai abbas buntet dan mbah kyai amin sepuh babakan, kedua berangkat menggunakan kereta api menuju leteh rembang dan di sambut oleh kyai bisri samsuri, mbah wahab hasbullah, dll. kedua kyai khos ini di kenal dengan karomah dan ilmu kanuragannya, bahkan mbah hasyim sendiri mengakui kesaktian dua kyai asal cirebon ini.

Zaman now, pesantren babakan ciwaringin menyatakan sikapnya terhadap ormas terlarang HTI dan aksi bela tauhidnya yang sejatinya adalah agenda dan gerakan politik yang sengaja mencatut nama islam dan memakai simbol islam guna mempermulus niatnya untuk makar dan mengoyak NKRI.

#GANYANGHTI

Sumber : Status Facebook Agus Salim

Friday, November 2, 2018 - 18:00
Kategori Rubrik: