Perlunya Kewaspadaan

Oleh: Hari Yono

Virus Covid-19 sebagaimana virus yang lain memang tidak kasat mata. Dan penyebarannya juga berlangsung cepat. Kadang orang yang terpapar tidak menyadari karena tidak merasakan sakit. 
Pemerintah dan masyarakat sudah bergerak masif untuk antisipasi wabah Covid-19. Tetapi penyebaran masih terus berlangsung karena berbagai faktor. 

Beberapa lembaga ada yang berinisiatif adakan rapid test untuk deteksi dini (walaupun menurut beberapa pihak hasilnya belum pasti). Saya tadi pagi ikut rapid test dan dinyatakan indikasi positif. 
Untuk itu saya direkomendasikan tes swab di Wisma Atlet Jakarta yang kini dijadikan RS Darurat Penananganan Covid-19. Saya sudah melaksanakannya. Hasilnya dapat diketahui Rabo atau Kamis depan. Dan saya sekarang melakukan isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil swab. 

 

Dari pengalaman ini saya merasa kewaspadaan terhadap wabah Covid-19 perlu kita tingkatkan, terutama dari kesadaran individu kita masing masing. Saya selama ini tidak merasa ada gejala dan mengurangi bepergian karena hampir 2 minggu kerja dari rumah. Ternyata untuk sementara waktu (berdasarkan rapid test) dinyatakan positif. 

Awalnya agak terkejut. Tetapi pelan2 berusaha memahami agar daya tahan tubuh tidak terganggu. Sambil berdoa semoga hasil swab negatif. Dan seandainya positif harus siap melakukan isolasi mandiri sambil menjaga stamina tubuh. 

Mohon doa dari sahabat sahabatku semua, semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan perlindungan pada kita semua. Kita semua harus makin waspada menghadapi wabah Covid-19 tanpa panik.

 
(Sumber: Facebook Hari Yono)
Monday, April 13, 2020 - 17:00
Kategori Rubrik: