Perhatian Jokowi Kepada Suku Anak Dalam

RedaksiIndonesia - Setelah memutuskan mempersingkat kunjungannya ke Amerika Serikat dan langsung pulang ke tanah air, dengan langsung terbang ke Palembang, Sumatera Selatan, lalu kemudian Jokowi terbang ke Jambi untuk melihat suasana penanganan kebakaran hutan dan lahan yang juga terjadi di Jambi. Jokowi juga menyempatkan diri untuk bertemu langsung dengan Suku Anak Dalam.

Presiden Jokowi menyambangi masyarakat Suku Anak Dalam di Jambi. Berbagai solusi pun ditawarkan oleh Jokowi, diantaranya Jokowi menjanjikan akan segera membangun rumah dan berharap agar Suku Anak Dalam tidak lagi hidup berpindah-pindah. Bisa dilihat dengan kacamata objektif bahwa, Presiden Jokowi adalah Presiden yang memang sangat dekat dengan rakyatnya, bagi Jokowi semua sama tidak ada yang berbeda, semua adalah rakyat Indonesia. Hal tersebut terlihat secara jermih ketika Jokowi yang ingin langsung mengetahui kehidupan Suku Anak Dalam dengan langsung mengunjunginya.

Perlu diketahui pula bahwa, Presiden Jokowi adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang mengunjungi Suku Anak Dalam. Dan ini adalah bagian dari komiten Presiden Jokowi untuk memberikan perhatian lebih kepada semua rakyatnya, terlebih lagi Suku Anak Dalam yang selama ini terkesan sudah dilupakan oleh negara. Bagi Jokowi, tidak ada yang dilupakannya, karena bagi Jokowi, Suku Anak Dalam juga adalah rakyat Indonesia yang harus mendapatkan perlakuan adil sama seperti rakyat Indonesia lainnya. Bahkan Jokowi juga meminta agar segera dibuatkan sumur, agar Suku Anak Dalam bisa mendapatkan akses air bersih.

Komitmen Jokowi untuk mewujudkan semua anak Indonesia bisa sehat juga dibuktikannya dengan membagikan Kartu Indonesia Sehat kepada Suku Anak Dalam, selain itu wujud kepedulian lain Jokowi terhadap Suku Anak Dalam adalah ketika Jokowi meminta secara khusus meminta kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Bupati setempat, Gubernur Jambi, dan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa untuk membantu menyediakan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh Suku Anak Dalam, termasuk menyediakan akses kesehatan dan tempat tinggal bagi Suku Anak Dalam bermukim kelak.

Janji Jokowi yang akan membangun rumah untuk Suku Anak Dalam adalah sebuah komitmen bijak Presiden Jokowi dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan, khususnya bagi Suku Anak Dalam, yang selama ini harus hidup berpindah-pindah lantaran banyak kebun sawit yang selama ini dijadikan sebagai tempat tinggal mereka sudah terbakar habis, akibat longgarnya regulasi dan perizinan soal konsensi lahan gambut dari pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

Bentuk kepedulian lain Jokowi terhadap Suku Anak Dalam yang terkesan sudah dilupakan oleh pemerintah sebelumnya juga tergambar dari pembagian sembako yang diberikan langsung oleh Jokowi terhadap Suku Anak Dalam. Dan bisa dipastikan bahwa, kehadiran Jokowi yang langsung ingin bertemu dengan Suku Anak Dalam ini sudah membuat Suku Anak Dalam merasa mendapat perhatian yang serius dari pemerintah pusat, sekaligus adanya harapan bagi mereka untuk bisa tinggal dalam sebuah rumah yang memang sudah mereka impi-impikan selama ini.

Bahkan ketika menemui Suku Anak Dalam, terlihat jelas bahwa Presiden Jokowi memang adalah bagian dari rakyat, hal tersebut dibuktikan ketika Jokowi tanpa ragu-ragu langsung berbincang dengan perwakilan Suku Anak Dalam di bawah sebuah pohong yang rindang. Gaya kepemimpinan Jokowi tersebut memang membuat hati kita tersentuh, Jokowi sungguh luar biasa, karena segala upaya akan dilakukannya untuk mengubah wajah Indonesia, termasuk memberikan perhatian lebih dan serius kepada Suku Anak Dalam yang harus hidup berpindah-pindah lantaran hutan yang biasanya dijadikan tempat tinggal oleh mereka terbakar oleh oknum-oknum tertentu yang sesungguhnya memiliki sebuah tujuan tertentu terhadap pemerintahan maupun kepentingan bisnisnya sendiri, tanpa memikirkan kehidupan Suku Anak Dalam yang juga berhak memperoleh tempat tinggal tersebut.

Ricky Vinando (Kompasiana)

 

Sunday, November 1, 2015 - 10:30
Kategori Rubrik: