Perang Dagang Amerika VS China, Yang Heboh Orang Beriman Indonesia

Ilustrasi

Oleh : Agung

Beberapa hari ini kita lihat banyak orang Indonesia sangat heroik demo membela muslim Uighur yg katanya di paksa pemerintah Cina untuk bekerja di dalam camp pekerja, dan seperti yg kita semua tahu sebagian orang indonesia ini langsung emosi dan kesurupan klo ada isu yg berkaitan agama apalagi adanya jargon "membela sesama muslim yg ditindas" banyak orang yg langsung mendadak kehilangan akal sehat dan logikanya.

Nah hal itu ane rasa sangat di pahami Amerika, itu sebabnya kenapa beberapa saat ini mendadak muncul isu muslim Uighur di perlakukan diskriminatif dan ditindas pemerintah Cina, yg pasti hal ini akan di respone negara2 mayoritas islam dengan emosional, terutama indonesia. Dan hal ini di harapkan bisa memukul CIna melalui sentimen keagamaan kaum Islam, karena sebagaian besar negara2 mayoritas Islam adalah pangsa pasar besar Cina sekaligus kunci proyek ambisius Cina yg bernama BRI/OBOR.

-----------------------------------------------------------------------

Tapi mungkin ada yg bertanya kenapa hal ini di lakukan Amerika ?? jawabannya sederhana : beberapa lama ini sebenarnya Amerika sedang perang dagang dengan Cina, dan masing2 negara superpower ini menggunakan pengaruh dan kekuatan politiknya untuk menjatuhkan pangsa pasar lawannya.

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-45623187
https://finance.detik.com/indek…/…/perang-dagang-as-vs-china
https://en.wikipedia.org/…/2018_China%E2%80%93United_States…
https://www.scmp.com/topics/us-china-trade-war
https://www.independent.co.uk/topic/us-china-trade-war

Perang dagang ini sendiri salah satunya di picu oleh program ekonomi raksasa cina yg bernama Silkroad modern atau yg biasa di sebut Belt and Road Initiative (BRI) yg dalam istilah cinanya sendiri adalah 带一路 One Belt One Road (OBOR). Dimana ini adalah proyek ekonomi raksasa Cina yg membangun besar2an jalur distirubusi darat dan laut ke Cina yg menghubungkan Eropa, Afrika, Timur tengah, dan Asia ke Cina, dalam projek ini cina membangun berbagai jalan tol, jalan raya, pelabuhan laut, dermaga, jalur kereta api, dll di puluhan negara di dunia. Dimana Cina berharap nantinya klo jalur Silkroad modern ini jadi akan memperlancar export dan import produk Cina karena Silkroad modern cina ini mencakup 2/3 dunia. Dan hal ini jelas akan membuat Cina menjadi negara terkuat ekonominya sedunia dan hal ini jelas gak akan di biarkan terjadi oleh Amerika, itu sebabnya Amerika memulai perang dagang dengan Cina.

https://en.wikipedia.org/wiki/Belt_and_Road_Initiative
https://www.washingtonpost.com/…/cfd241c0-a693-11e8-ad6f-08…
https://www.vox.com/…/17206230/china-trade-belt-road-economy
https://www.theglobeandmail.com/…/article-the-united-state…/

-----------------------------------------------------------------------

Nah perang dagang ini beberapa lama ini semakin sengit dimana Amerika menangkap salah satu CEO Huawei yg juga putri pendiri perusahaan Huawei karena tuduhan mengexport perangkat komunikasi ke Iran yg sedang di embargo oleh inisitif Amerika. Huawei sendiri adalah salah satu raksasa telekomunikasi di dunia, hampir sebagian besar infrastruktur telekomunikasi negara2 Asia di pegang atau memakai perangkat Huawei, termasuk Indonesia juga. Nah penangkapan CEO huawei salah satu serangan Amerika ke Cina.

https://tekno.kompas.com/…/bos-huawei-ditangkap-polisi-kana…
https://economy.okezone.com/…/putri-pendiri-huawei-ditangka…

Setelah penangkapan CEO Huawei ini, Amerika ngegas lagi dengan memunculkan isu muslim Uighur di paksa bekerja dalam camp kerja paksa oleh Cina, hal ini pasti akan di respone oleh PBB karena menyangkut pelanggaran HAM dan hasilnya akan banyak negara2 eropa yg membanned produk dari Cina, karena negara2 eropa yg tergabung dalam Uni eropa sudah sepakat akan menghentikan import dan export dari negara2 yg melakukan pelanggaran HAM.

Selain itu dengan isu muslim Uighur di paksa bekerja dalam camp kerja paksa oleh Cina, hal ini akan memunculkan sentimen2 di negara2 mayoritas Islam kepada Cina, bahkan klo beruntung negara2 myoritas islam itu akan memboikot produk Cina atau menghentikan kerjasama dengan Cina untuk pembangunan Belt and Road Initiative (BRI) atau Silkroad modern, padahal banyak negara mayoritas Islam merupakan kunci dari projek Silkroad modern Cina ini termasuk Indonesia yg selat malakanya merupakan salah satu Jalur laut terpadat menuju Cina. Klo semua ini terjadi tentunya yg paling girang adalah Amerika karena bisa memanfaatkan isu sentimen Islam untuk memukul musuhnya Cina dan tetap menjadi negara Superpower no 1 yg gak tertandingi dalam ekonominya.

-----------------------------------------------------------------------

Tapi sebenarnya teknik yg di lakukan Amerika menggunakan sentimen agama terutama sentimen umat islam ini untuk memukul musuh2nya, bukan lagu baru lagi dan sudah pernah berhasil gemilang di Indonesia sendiri. Hal itu terjadi tahun 1965 dulu saat Amerika dengan cerdasnya menggunakan isu sentimen kaum islam kepada PKI, sehingga menghasilkan peristiwa pemberontakan PKI 1965 yg sukses menyingkirkan Bung Karno dan menggantinya dengan Suharto yg lebih bersahabat dengan Amerika dan mau mengijinkan Freeport, Chevron, dan berbagai perusahaan Amerika lainnya untuk mengeruk sumber daya alam Indonesia. Hal ini sebenarnya ironis karena sesama orang indonesia saling bunuh dalam peristiwa pembersihan G30SPKI tapi yg menikmati keuntungnya justru Amerika karena bisa menyingkirkan pengaruh komunis dan Bung Karno.

https://www.cnnindonesia.com/…/dokumen-rahasia-as-ungkap-up…
https://video.tempo.co/…/dokumen-1965-diungkap-amerika-terl…
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-41649232
https://www.merdeka.com/…/as-buka-dokumen-rahasia-1965-sebu…

Well setelah 50 tahun lebih kita ternyata masih sama tetep saja bodohnya klo di tahun 1965 dulu kita bisa dengan mudah di pancing dengan isu PKI sekarang kita di pancing dengan isu Uighur untuk menjadi kacung Amerika tanpa mereka sadari untuk menyerang musuh2 Amerika seperti Cina. klo gak percaya ?? lihat aja bagaimana orang2 indonesia begitu bersemangat dan berapi2 membela Uighur di postingan ane dibawah ini tanpa mengerti faktanya secara keseluruhan, apalagi mengerti dampak perang dagang Amerika Vs Cina yg sedang berlangsung sengit di luar sana, hal ini sama seperti leluhur kita dulu yg gak mengatahui dampak perang dingin blok barat vs blok timur dulu, taunya bela agama dan bunuh PKI, padahalnya akhirnya sesama anak bangsa indonesia yg saling bunuh, tapi negara lain lah yg menikmati kekayaan Indonesia.

Sumber : Status Facebook Agung

Saturday, December 22, 2018 - 17:45
Kategori Rubrik: