Penugasan Partai?

Oleh: Guntur Wahyu Nugroho

 

Dari dinamika yang saya ikuti terkait isu Pilkada 2020, saya belajar frasa khusus tentang "Penugasan dari Partai atau Petugas Partai". Boleh jadi saya tidak memahami 100% materi pelajaran itu. Tapi itu lebih baik daripada saya tidak mengungkapkan pemahaman saya tentang hal ini sehingga apabila ada pemahaman saya yang salah, ada yang mengoreksinya. 

Apa maknanya "Penugasan dari Partai ? Bahwa seseorang yang ditugaskan oleh partai mengandaikan ada Surat Tugas resmi dari Partai. Dan terkait dengan paslon yang secara resmi diajukan oleh partai, surat penugasan tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah Rekomendasi dari DPP, BUKAN rekomendasi atau surat penugasan dari selain DPP. 

 

Jadi kalau Paslon yang diusung oleh DPC mengklaim mendapat penugasan dari partai, HARUS dipahami bahwa kekuatan surat penugasan, rekomendasi atau semacamnya yang dikeluarkan selain oleh DPP tidak mengikat DPP dalam menentukan siapa yang akan memperoleh TIKET menjadi kontestan Pilkada. Sifatnya semata-mata adalah saran, masukan, rekomendasi dan pertimbangan. 

Tentu DPP melihat dan mencermati kondisi subyektif dan obyektif kota Solo dalam spektrum dan konstelasi politik nasional yang lebih luas,memikirkan dan menimbang manfaat dan kerugiaan strategis maupun taktis terhadap figur-figur yang diajukan. Dan yang tidak kalah pentingnya, bagaimana ketika figur yang dipilih memenangi kontestasi, mampu menjadi bagian dalam mengakumulasi modal sosial dan politik serta mengagregasikan kepentingan dan ideologi partai untuk memenangkan pertarungan pemiluraya 2024 nanti.

 

(Sumber: Facebook Guntur WN)

Wednesday, November 13, 2019 - 11:30
Kategori Rubrik: