Pentingnya Membangun Luar Jawa

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Setelah mengelola institusi di luar Jawa makin menjiwai betapa pentingnya infrastruktur. Mau beli bahan praktikum, harganya bisa hingga 2x lipat di pulau Jawa. Mau beli rooftop dari galvalum, tidak ada. Harus beli dari Jawa. Bahkan toner printer pun tidak ada. Duit dalam jumlah yang sama, di pulau Jawa bisa jadi gedung dengan kualitas atau luas 1,5 x di Kalimantan.

Salah satunya bermuara pada ongkos logistik yang mahal, selain SDM yang kompeten. Namun ketersediaan SDM dan logistik sangat bergantung pada infrastruktur. Jika infrastruktur bagus, SDM berkualitas akan mendekat. Ongkos logistik pun akan turun.

Mengelola Indonesia yang membentang dalam bentuk kepulauan berserak ini, jelas lebih sulit daripada mengelola AS , China, India atau Eropa yang berupa daratan besar. 

Pasti membuat ongkos distribusi barang dan orang akan sangat mahal.

Jika pembangunan infrastruktur diprioritaskan sebelum membangun SDM, itu suatu langkah yang sudah benar. Kalau masih ada kekurangan di sana-sini mari kita beri masukan untuk perbaikan. Jangan justru digembosi, dicari-cari salahnya. Kita satu bangsa yang ingin pembangunan merata, berkembang bersama. Coba jujur apa yang kamu cari? Mengapa kamu benci? Jangan karena nggak kebagian roti terus kau caci maki....oh I'm sorry...

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

Friday, February 1, 2019 - 13:00
Kategori Rubrik: