Penghargaan Maritim Tertinggi Dunia untuk Bu Susi

REDAKSIINDONESIA-Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti, Kamis, 11 Mei 2017 malam menerima anugerah Peter Benchley Ocean Awards atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.

Susi diketahui kerap mengeluarkan kebijakan tegas yang oleh sebagian kalangan dinilai kontroversial. Antara lain penenggelaman kapal asing yang menangkap ikan di wilayah Indonesia, atau melarang penangkapan lobster, kepiting dan rajungan.

 

Susi juga melarang penggunaan alat penangkapan ikan pukat hela dan pukat tarik, dan beberapa kebijakan lain. Selama 3 tahun terakhir, kebijakan dimaksud membuahkan hasil. Cadangan ikan yang kini bisa ditangkap meningkat pesat dari 6,5 juta ton pada tahun 2014 kini menjadi 9,9 juta ton.

Susi yakinkan bahwa apa yang ia lakukan sudah benar. Apalagi secara parameter ekonomi juga sangat luar biasa. Jadi kita melihat bahwa perang melawan illegal fishing ini adalah perang yang menguntungkan. Tidak ada perang yang menguntungkan selain perang melawan illegal fishing, ujar Susi.

Peter Benchley Ocean Awards adalah penghargaan maritim tertinggi di dunia yang bersifat unik, karena tidak saja mengakui prestasi yang dicapai pembuat kebijakan publik, tapi bervariasi bagi warga masyarakat dalam menyelamatkan laut, dari presiden dan menteri, hingga aktivis, penjelajah, penyelam, jurnalis foto hingga sutradara film dan media.

Tahukah Anda bahwa dibalik biaya menenggelamkan sekitar 360 kapal asing yang mencapai enam juta dolar itu, kami bisa meningkatkan tangkapan ikan dan pendapatan nelayan-nelayan kami? Bahkan ikan-ikan yang selama ini menghilang, sekarang ada lagi. Juga dampak kebijakan-kebijakan lain, bebernya.

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Tuesday, May 16, 2017 - 11:00
Kategori Rubrik: