Pengalaman (Hampir) Berkantor di Kapal Induk USS Abraham Lincoln

ilustrasi

Oleh : Alto Luger

Pasca Tsunami Aceh 2004, Beta ditugaskan ke Aceh untuk membantu melakukan koordinasi bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) kepada korban Tsunami Aceh.

Setiap hari kerjanya adalah berkoordinasi dengan tentara AS yang bertugas melakukan airdrops di kantong-kantong pengungsi yang terisolir di berbagai tempat di Aceh. Airdrops ini dilakukan oleh Armada helikopter Blackhawk dari Carrier Wings 7, di atas kapal induk USS Abraham Lincoln

Kerjanya setiap hari, dari pagi sampai sore itu terbang dengan helikopter Blackhawk. Dengan pintu terbuka, kadang duduk di dalam, kadang duduk di pintu sambil kakinya gantungan dan menikmati manuver-manuver tempur yang dilakukan oleh pilot-pilot BlackHawk ini.

Dan gak beberapa lama kemudian, telepon itu datang; Ente siap-siap tinggal di CVN-72, nomer lambung untuk USS Abraham Lincoln, untuk melakukan koordinasi sipil-militer, dan persiapan kedatangan mantan presiden US ke Aceh.

Tidak semua orang Indonesia, baik sipil maupun militer, yang pernah punya pengalaman mendarat di kapal induk yang panjangnya 300an meter ini.

Dari ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut, kapal induk terlihat seperti sebuah perangko. Kebetulan waktu itu sudah sore, dan agak hujan. Setelah berputar beberapa kali, kami semakin mendekati kapal induk CVN-72 ini. Dari yang terihat seperti perangko, lama-lama terlihat bentuk aslinya saat hanya beberapa meter di atas kapal, saat "hovering" sebelum mendarat.

And, it's BIG!

Hanya ada beberapa pesawat tempur saja di atas dek, karena saat itu misinya adalah misi kemanusiaan. Padahal di hanggar di bawah dek, ada paling tidak 70 pesawat tempur yang diparkir di situ.

Setelah mengisi bahan bakar, dan berkoordinasi, beta kembali diantar di di-dropped di Banda Aceh.

Saat sudah siap untuk berkantor sementara di atas Kapal Induk Abraham Lincoln, tiba-tiba telpon berdering lagi, dan itu dari Ibu, katanya: Anakmu udah mau lahir! Balik gak?

Oh what the hell, CVN-72 tunggu dulu, beta balik kanan ke Jakarta!

#WhySoSerious

cc: Munawar Liza Zainal, sahabatku Mantan Walikota Sabang.

Sumber : Status Facebook Alto Luger

Friday, January 24, 2020 - 10:45
Kategori Rubrik: