Pemimpin Politik, Berbagi dan Hidup Sederhana

Oleh ;Zainuddin

"Genghis Khan is undoubtedly one of the most successful military leaders of all time. As leader of the Mongol Empire, which at its height stretched from China to Europe, he controlled the largest contiguous empire in history. However, despite his great power, scholars say Genghis never hoarded his wealth. On the contrary, the Khan’s generosity was key to his influence.

“One of the basis of his success is sharing the spoils with his soldiers and other commanders,” says Morris Rossabi, a distinguished professor of history at CUNY’s Queens College."

GENGHIS KHAN merupakan pemimpin politik yang berhasil menaklukkan wilayah paling luas sepanjang sejarah. Membentang dari China hingga Eropa, dan sebagian Timur Tengah. Kecepatan penaklukkannya luar biasa. Gerakan Bangsa Mongol ini pula yang berkontribusi terhadap runtuhnya kejayaan peradaban Islam yang berpusat di Baghdad.

Apa yang membuatnya begitu berhasil sebagai pemimpin politik sekaligus komandan perang? kuncinya adalah kemauan dan tindakan bersedia BERBAGI. Tidak hanya berbagi kekuasaan, namun juga kekayaan. Hasil rampasan perang dikumpulkan oleh petugas, kemudian dibagikan secara adil pada komandan dan pasukannya.

Selain BERBAGI, hal yang tak kalah penting dari karakter kepemimpinannya adalah memberikan contoh dengan tidak MENIMBUN KEKAYAAN, ia hidup sederhana mati dengan sederhana pula. Karakter ini menjadikan anak buahnya loyal dan tidak menciptakan rasa iri dan ketidakpuasan dikalangan bawahannya.

Dua perilaku ini, jika dirunut dan ditelusuri tampaknya menjadi standar performa bagi pemimpin dunia yang tercatat sebagai pemimpin yang sukses, pemimpin Agung dalam sejarah manusia. Nabi Muhammad SAW, misalnya, hidupnya sangat sederhana. Dalam soal berbagi bisa dikatakan sangat ekstrim. Pernah suatu ketika Nabi sampai hutang agar dapat terus memberi. Tindakan ini yang membuat sampai Umar protes pada Nabi. Dengan karakter ini, beliau berhasil menaklukkan Jazirah Arab dengan cepat pula.

 

Sumber : Facebook Zainuddin

Tuesday, October 23, 2018 - 10:00
Kategori Rubrik: