Pelabuhan Muara Baru di Tata Setara Jepang untuk Pusat Perikanan Nasional

REDAKSIINDONESIA-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) berniat merombak Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara.

Selama ini perkembangan pelabuhan tersebut tersendat dan dikuasai oleh segelintir pengusaha setempat.

"Pemerintah bekerja sama dengan Perum Perindo ingin menjadikan kawasan Muara Baru sebagai Pusat Perikanan Nasional. Lahan yang tidak aktif karena selama ini tidak dibangun, akan dioptimalkan," kata Menteri KP, Susi Pudjiastuti, Senin (10/10/2016).

Seperti dikutip dari data KKP, pasar yang selama ini kumuh, akan dibersihkan dan dijadikan sesuai standar Tsukiji Fish Market di Jepang.

Dari Perindo sendiri, uang dari sewa lahan akan digunakan untuk pembangunan 2 unit Sea Water Reverse Osmose (SWRO), renovasi transhit shed, renovasi Pusat Perdagangan Ikan, dan pembangunan rumah sakit untuk nelayan.

KKP akan mendukung dengan koordinasi dengan K/L lainnya untuk perbaikan drainase, pengadaan pengadaan cold storage, perbaikan rantai dingin serta perbaikan fasilitas pelabuhan dan pasar, mulai dari tahun 2016 sampai 2017.(detik.com) **

Tuesday, October 11, 2016 - 09:30
Kategori Rubrik: