Pelabuhan Bakal Berubah, Investor didatangkan Menhub

Ilustrasi

Banda Aceh (Redaksi Indonesia) - Fasilitas yang dimiliki Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS) sangat memadai untuk memajukan sektor kemaritiman di kepulauan tersebut.  Untuk itu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berjanji akan mendatangkan investor di bidang kepelabuhan.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal saat dihubungi di Sabang, Selasa menyatakan, saat berkunjung ke Sabang, Kamis (8/10), Menteri Jonan sudah melihat dari dekat fasilitas yang ada di daerah ini dan berjanji akan mendatangkan investor untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Fasilitas yang dilihat Menhub adalah Container Terminal (CT) 3 yang berada di Kuta Timur, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Fasilitas lain yang dimiliki BPKS CT 1.

Jonan menilai pelabuhan Sabang memiliki potensi besar dan merupakan pelabuhan alam alami, karena secara operasional tidak banyak yang harus dikeluarkan, seperti Pelabuhan Sabang tidak memiliki sedimentasi/pendangkalan, sehingga tidak memerlukan kapal keruk.

Iwan menyatakan, dengan fasilitas yang dimiliki oleh BPKS, maka Pemko Sabang siap untuk menampung investor ke daerah tersebut.

"Dari segi fasilitas pelabuhan, kita siap menerima investor di Sabang," ujar dia.

Terkait CT 1,pelabuhan memiliki dua dermaga yakni dermaga I memiliki panjang 170 meter dan lebar 41 meter dengan kedalaman 15 meter. Untuk dermaga II panjang 32 meter dan lebar 9,5 meter dengan kedalaman yang sama yakni 15 meter.

"Fasilitas pendukung lainya di CT 1 yakni lapangan penumpukan dengan luas 10.850 meter dan gudang dengan luas 3.150 meter," kata Irwan.

Untuk fasilitas di CT 3 memiliki panjang dermaga yakni 423 meter dan lebar 70 meter dengan kedalaman 23 meter. Juga memiliki lapangan penumpukan yang lebih besar dari CT 1. Sementara untuk dukungan alat-alat kerja, BPKS memiliki Reack Stacer Container (25 ton), Forklip (5 dan 7 ton) dan Crain kapasitas 50 ton.

Dengan fasilitas yang telah dimiliki, BPKS berharap kepada Menteri Jonan dapat segera merealisasikan agar tumbuhnya sebuah investasi di bidang kepalabuhanan, sebagaimana yang diharapkan masyarakat Sabang.

Irwan menjelaskan, secara geografis pelabuhan Sabang berada pada titik kordinat: 05 - 53 LU / 095 - 19.00 BT, dengan kedalam laut yakni 10 meter sampai 53 meter. Alur pelayaran yang dimiliki pelabuhan Sabang pun cukup memadai yakni dengan panjang 1.400 meter, lebar 800 meter dan area kolam pelabuhan memiliki luas yakni 177 hektare.(Antara)
 

Wednesday, October 14, 2015 - 09:45