PDIP Menang Besar Pada Pilkada 2017

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Hasil quick Count dari Pilkada 2017 di lakukan serentak seluruh Indonesia, lebih dari 50% daerah atau 56 daerah dari 101 Daerah, di menangkan oleh PDIP. Proses perhitungan masih berlanjut. Mungkin bisa saja 2/3 Daerah di Indonesia di pimpin oleh Kader PDIP. Bahkan di Daerah yang menerapkan UU khusus syariah islam, PDIP berhasil menempatkan kadernya sebagai Gubernur Aceh. Kemenangan ini tidaklah di raih dengan mudah. Semua berkat kerja keras selama 10 tahun sebagai oposisi dan konsitensi memperjuangkan kebhinekaan demi kepentingan nasional. 10 tahun sebagai opisisi PDIP berhasil mekakukan konsolidasi partai dan sekaligus menjadikan partai di kelola secara modern dengan SOP yang ketat.

Dengan lebih dari 50% Pilkada di menangkan melalui Pemilihan langsug rakyat maka agenda Pemerintah yang di pimpin Jokowi dapat lebih mudah di laksanakan. Dan Pemilu 2019 akan menjadi pesta bagi PDIP untuk menguasai Parlemen, dan memberikan kado terindah kepada rakyat Indonesia dengan Jokowi sebagai Presiden terpilih untuk periode kedua. Ya PDIP tumbuh dari berbagai masalah republik ini. Pernah di tekan di era Soehato dan pernah menang di era reformasi namun gagal menempatkan MEgawati sebagai presiden karena di jegal oleh Poros Tengah atau koalisi partai Islam. Namun akhirnya takdir menempatkan Megawati sebagai presiden setelah Gur Dur di jatuhkan di tengah jalan. Dan setelah itu PDIP kembali terpuruk karena kalah dengan SBY yang diusung Partai Demokrat.

Bagi lawan politik PDIP sebaiknya tetaplah focus kepada perjuangan partai sesuai dengan idiologi namun berjalan dalam kuridor demokrasi yang cerdas dan terdidik. Daripada buang energy dan dana mengerahkan massa dalam aksi ekstra parlementer lebih baik gunakan tenaga untuk terus melakukan konsolidasi partai dari tingkat pusat sampai ke ranting. Pastikan terus dekat dengan konstituen melalui program sosial dan ekonomi. Hanya dengan cara itu, sistem demokrasi akan melahirkan kader terbaik anak bangsa untuk menjadi pemimpin berkelas lokal sampai nasional. Semoga ini jadi bahan pelajaran bagi siapa saja dan juga menjadi cobaan terberat bagi PDIP bagaimana mempertahankan kepercayaan rakyat dengan karya nyata, amanah dan bermartabat...**

Sumber : facebook Erizeli Jely Bandaro

Thursday, February 16, 2017 - 11:00
Kategori Rubrik: