Para Pemfitnah Masih Berkeliaran

ilustrasi

Oleh : Jumrana Sukisman

Ada dua hal yang menyebabkan hoaks mudah menyebar dan diterima di kelompok seblak.

Pertama, mereka telah dikondisikan dan dibuat percaya bahwa pemerintah adl sumber hoaks. Sehingga semua data yg disampaikan oleh pemerintah melalui kementrian, BPS BI dll tdk mereka terima sbg data valid (kecuali bila data itu menunjukkan kekurangan pemerintah).

Kedua, mereka telah terpapar propaganda anti media. Bahwa semua media mainstream telah berpihak dan menjadi corong pemerintah. sehingga informasi media yg memberitakan keberhasilan pemerintah, hal-hal baik mereka anggap hoaks.(kecuali berita yg menguntungkan oposisi dan merugikan pemerintah).

Dalam kekosongan sumber infornasi yg bisa mereka percayai, maka mereka mudah dijejali hoaks. Hoaks yg disebarkan secara massif dan sistematis oleh buzzer yg dikerahkan oleh opinion leader mereka.

Maka tak heran, kemudian yg mjd sumber mereka org macam Andi Arief, Gerung, Rizal Ramli, Said Didu, Fadli Zon, Hanum Rais  Tidak penting data, yg penting opini, dan mrk bersorak dlm euforia kata-kata. Yang sayangnya sebagian besar omong kosong dan hoaks semata.

Sumber : Status Facebook Jumrana Sukisman

Friday, February 1, 2019 - 13:00
Kategori Rubrik: