by

Para Orientalis Barat Pro-Islam

Padahal, ada banyak sekali kaum orientalis yang sangat positif, apresiatif, bersahabat, dan ramah dengan Islam dan kaum Muslim. Guru-guruku di Boston University dulu rata-rata dari kelompok ini. Bahkan beberapa orientalis masuk Islam seperti Leopold Weiss yang kemudian berganti nama menjadi Muhammad Asad, seorang Yahudi Hungaria, salah satu pemikir berpengaruh di Eropa pada abad ke-20, dan penulis buku legendaris: “The Road To Mecca”.

Ada beberapa faktor yang membuat para orientalis ini masuk Islam beneran (tidak seperti Pak Snouck tadi) karena “kesengsem” dengan sejumlah ajaran sufisme yang toleran-inklusif atau tertarik dengan kebudayaan masyarakat Islam tertentu.

Beberapa kaum orientalis terkemuka (baik yang kemudian menjadi Muslim maupun tidak) yang sangat baik dan positif persepsi, pemikiran, dan pandangannya terhadap Islam dan kaum Muslim adalah, antara lain, Emile Dermenghem, Regis Blachere, Marcel Kurpershoek, Charles Montagu Doughty, Gerarld De Gaury, M. Julius Germanus, M. Marmaduke Pickthall, Rene Guenon, dlsb.

Kalau jama’ah Pesbuker berminat, kapan-kapan akan saya jelaskan sejarah, petualangan, sepak terjang, dan pemikiran mereka yang aduhai dan melegenda (bersambung)

 Jabal Dhahran, Arabia

Sumber : facebook Sumanto Al Qurtuby

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed