Panggung Itu Milik Kita

Oleh: Heni Nuraini

 
Siapa sih Rizieq Shihab ? 
Jadul di medio tahun 2000-an mayoritas masyarakat Indonesia belum ada yang mengenalnya. Sedikit saja yang tahu bahwa di rezim SBY seorang RS pernah merasakan dinginnya penjara karena aksi radikalisme dari ormas yang dipimpinnya. Kita hanya sebatas tahu keberadaan satu kelompok yang bercirikan menggunakan busana putih-putih sering mensweeping warung dengan aksi kekerasan saat bulan puasa tiba. Tapi siapa tokoh pemimpin kelompok ini, kita tidak tahu. Mungkin hanya warga sekitar Petamburan Jakarta Pusat saja yang sudah mengenal dengan baik sepak terjang sosok yang satu ini.
 
 
 
Tapi siapa yang tidak mengenal RS hari ini ? Seseorang yang bahkan keselamatannya dikhawatirkan oleh banyak orang Indonesia ketika akan kembali ke tanah air. Satu kelompok benar-benar merasa khawatir, dan kelompok lainnya hanya khawatir Presiden Jokowi yang akan dipersalahkan jika sosok ini tidak selamat. Luar biasa sekali pengaruhnya.
 
Jadi siapa yang telah membesarkan namanya ? Kita semua.
.
Siapakah itu Anies Baswedan ?
Dulu orang hanya mengenalnya sebagai aktivis dunia pendidikan yang menginisiasi kegiatan 'Indonesia Mengajar'. Namanya mulai dikenal luas publik saat ia menjadi juru kampanye Jokowi di Pilpres 2014. 
Ada ratusan jurkam di Pilpres 2014, tapi cuma beliau yang mampu menjadi Gubernur di ibukota negara ini, bahkan dengan mengalahkan Gubernur Petahana yang di atas kertas seharusnya yang memenangkan kontestasi ini. Bisa jadi langkah berikut beliau adalah maju menjadi kandidat di Pilpres tahun depan. Sungguh pencapaian politik luar biasa dalam tempo yang sangat singkat, tidak semua politikus bisa seberuntung ini nasibnya.
 
Jadi siapa yang telah melambungkan namanya ? Kita semua.
.
Adakah yang tahu siapakah Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Poernama sebelum tahun 2012 ? 
Sedikit saja yang tahu kiprah mereka sebagai pejabat publik. Mungkin mereka hanyalah warga Kota Surakarta dan Kabupaten Belitung Timur.
 
Jadi siapa yang telah menghantarkan mereka menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden RI ke-7 ? Kita semua.
.
Adakah yang tahu siapakah Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan dan Walikota Tual Maluku Utara ?
 
Saya juga tidak tahu jawabannya kalau tanpa menggooglingnya terlebih dahulu.
 
Karena tidak ada media online dan warganet yang membesarkan nama mereka selama 7 hari 24 jam dalam seminggu tanpa henti-henti.
.
Moral :
Setiap warganet memiliki kebebasan ingin mengambil peran apa di media sosial. Tapi hanya good, kind & positive people yang hanya akan berbicara hal-hal positif di media sosial ini, baik positif untuk dirinya sendiri, untuk orang lain, untuk agamanya maupun untuk bangsa dan negaranya.
 
Good people membicarakan orang-orang baik, membesarkan nama mereka, mengabarkan prestasi-prestasi mereka, memberikan panggung besar kepada mereka untuk berkiprah, sehingga orang-orang baik memenuhi jagad Indonesia dengan karya-karya positif mereka.
 
Good people tidak membesarkan orang-orang buruk yang berkelakuan buruk dan menyumbangkan dampak buruk kepada negeri ini, sehingga mereka tidak akan mendapatkan panggung untuk menguasai jagad negeri Indonesia.
 
Kowe wes paham ora, Son ? 
Panggung itu milik kalian.. Akan kalian berikan kepada siapa ?
.
(Sumber: Facebook Heni Nuraini)
Tuesday, June 19, 2018 - 17:30
Kategori Rubrik: