Panduan dan Fakta Menarik GP Formula 1 Musim 2016

Oleh : Hery Syofyan

Ajang Balap GP Formula1 seri pertama sudah berlangsung di Melbourne, Australia, pada 18-20 Maret lalu. Nico Rosberg tampil sebagai yang tercepat sementara idola pecinta balap Indonesia Rio Heryanto terkendala kerusakan pada gearbox mobilnya sehingga harus keluar dari arena balap. Untuk dapat sedikit memahami apa dan bagaimana ajang ini dapat berlangsung perlu diketahui dan diperhatikan juga beberapa hal seperti berikut ini antara lain:

Poin pembalap, Pemenang setiap ajang meraih 25 poin, sedangkan nilai terkecil diberikan pada pembalap urutan ke-10. Pembalap urutan pertama mendapatkan 25 poin, Kedua 18 poin, Ketiga 15 poin, Keempat 12 poin, Kelima 10 poin, Keenam 8 poin, Ketujuh 6 poin, Kedelapan 4 poin, Kesembilan 2 poin, Kesepuluh 1 poin Sesi Latihan, kualifikasi, balapan Setiap ajang balap terdiri dari tiga sesi latihan, kualifikasi, dan balapan itu sendiri. Karena itulah ajang balap Formula 1 ini berlangsung selama tiga hari, yakni Jumat, Saptu dan balapan resminya hari Minggu.

Pada Jumat, ada dua sesi latihan masing-masing selama 90 menit.

Sabtu pagi sesi latihan bebas ke tiga selama satu jam.

Sabtu Siang Sesi kualifikasi, Q1, Q2, dan Q3.

 Minggu siang balapan Resmi

Mekanisme sistem eliminasi dimulai dengan tahap

 Q1, Berlangsung selama 16 menit. Pada tujuh menit pertama Q1, pembalap dengan catatan waktu paling lambat langsung tereliminasi. Eliminasi semacam itu terus dilakukan setiap 90 detik sampai sesi Q1 berakhir. Secara keseluruhan, ada tujuh dari 22 pembalap yang tereliminasi.

Q2, Berlangsung 15 menit. Pada enam menit pertama Q2, pembalap dengan catatan waktu paling lambat, langsung keluar dari persaingan. Lalu, seperti sebelumnya, pembalap paling lambat langsung dieliminasi setiap 90 detik hingga tersisa delapan pembalap. Kedelapan pembalap itu lalu berhak melaju ke tahap

 Q3, Berlangsung selama 14 menit. Pada lima menit pertama Q3, pembalap dengan catatan waktu paling lambat dieliminasi. Kemudian, satu demi satu berguguran setiap 90 detik sampai tersisa dua pembalap. Kedua pembalap tersebut diadu lagi selama 90 detik untuk memperebutkan posisi terdepan pada balapan atau lazim disebut pole position.

seluruh pembalap dituntut menyelesaikan seluruh putaran tidak lebih dari dua jam, kecuali balapan dihentikan karena adanya kecelakaan atau kondisi jalan sirkuit bermasalah. Dalam kondisi balapan harus dihentikan sementara, durasi balapan tidak boleh melebihi empat jam

Bendera Ketika balapan berlangsung,

ada berbagai bendera yang digunakan pihak penyelenggara untuk mengirim pesan kepada para pembalap.

Bendera kuning, dikibarkan untuk menginstruksikan para pembalap memelankan kendaraan dan tidak dibenarkan menyalip satu sama lainnya.

Bendera hijau, artinya jalur di sirkuit aman. Bendera merah, memberitahu bahwa sesi balapan dihentikan sementara.

Bendera biru, memberi tanda bahwa kendaraan yang lebih cepat ingin menyalip.

Bendera hitam ditambah nomor kendaraan artinya suatu kendaraan diperintahkan kembali ke tempat perhentian atau bisa juga berarti diskualifikasi.

Bendera bermotif papan catur, berarti balapan telap usai alias Finish.

Mesin Sejak 2014, setiap kendaraan F1 dilengkapi mesin V6 bertenaga turbo 1,6 liter yang menghasilkan sekitar 600 brake horsepower dengan tambahan 160 bhp dari sistem pengembalian energi (ERS) yang mengubah energi mekanis dan panas menjadi energi listrik. Kapasitas tampung bahan bakar setiap kendaraan dibatasi hingga 100 kilogram atau sekitar 130 liter setiap balapan. Konsumsi bahan bakar juga dipatok tidak lebih dari 100kg per jam. Jumlah mesin yang dipakai setiap pembalap setiap satu musim balap tak lebih dari lima unit.

Tim dan pembalap,

Sebanyak 11 tim akan bersaing pada musim balap 2016. Setiap tim memiliki dua pembalap untuk setiap ajang balap. Mereka akan bersaing secara individu untuk memperebutkan nilai pembalap, namun poin yang mereka terima akan diakumulasikan pada peringkat konstruktor. Pembalap dan konstruktor yang meraih poin terbanyak pada 21 ajang balap ditahbiskan sebagai juara F1.

Pembalap Rookie GP Formula1 2016, ada tiga pembalap yang memulai debutnya dalam ajang F1. Mereka adalah Rio Haryanto dari Indonesia dan Pascal Wehrlein asal Jerman yang bergabung di tim Manor, lalu Jolyon Palmer asal Inggris yang membalap untuk tim Renault.

Tim baru GP Formula1 2016, tim baru yang turut bersaing pada ajang balap 2016, yaitu Haas F1. Tim tersebut merupakan konstruktor asal Amerika Serikat pertama yang ikut ajang F1 sejak 30 tahun terakhir. Haas F1 diperkuat dua pembalap, yakni Romain Grosjean dan Esteban Gutierrez.

Juara bertahan GP Formula1, adalah Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris itu telah tiga kali merebut gelar juara F1 (2015, 2014, 2008). Empat pembalap mantan juara F1 lainnya adalah Sebastian Vettel (2013, 2012, 2011, 2010), Fernando Alonso (2005, 2006), Kimi Raikkonen (2007), dan Jenson Button (2009).

Mercedes, adalah juara Konstruktor musim lalu setelah memenangi 16 dari 19 balapan. Konstruktor lain yang pernah merebut gelar juara adalah Ferrari (16 kali juara), Williams (juara sembilan kali), dan McLaren (juara delapan kali).

Berikut Jadwal GP Formula1 2016 yang disiarkan secara langsung oleh Stasiun TV Nasional Global TV.

Babak Kualifikasi Formula 1 Bahrain Grand Prix - Sabtu, 2 April Pkl. 22.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain.

Formula 1 Bahrain Grand Prix Minggu, 3 April Pkl. 21.30 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain.

 F1 Racing Chinese Grand Prix Minggu, 17 April Pkl. 13.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Internasional Shanghai, China.

 F1 Racing Russian Grand Prix Minggu, 1 Mei Pkl. 18.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Sochi, Sochi, Rusia. F1 Racing Spanish Grand Prix Minggu, 15 Mei Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Catalunya-Barcelona, Spanyol.

 F1 Racing Monaco Grand Prix Minggu, 29 Mei Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Monaco, Monte Carlo, Monako.

F1 Racing Canadian Grand Prix Minggu, 12 Juni Pkl. 01.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada.

 F1 Racing European Grand Prix Minggu, 19 Juni Pkl. 20.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Baku City, Baku, Azerbaijan.

 F1 Racing Austrian Grand Prix Minggu, 3 Juli Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

F1 Racing British Grand Prix Minggu, 10 Juli Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Silverstone, Inggris.

F1 Racing Hungarian Grand Prix Minggu, 24 Juli Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Hungaroring, Budapest, Hungaria.

F1 Racing German Grand Prix Minggu, 31 Juli Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Hockenheimring, Hockenheim, Jerman.

 F1 Racing Belgian Grand Prix Minggu, 28 Agustus Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Circuit de Spa-Fracorchamps, Stavelot, Belgia.

F1 Racing Italian Grand Prix Minggu, 4 September Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Nazionale Monza, Italia.

F1 Racing Singapore Grand Prix Minggu, 18 September Pkl. 19.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Marina Bay Street, Singapura.

 F1 Racing Malaysian Grand Prix Minggu, 2 Oktober Pkl. 14.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

F1 Racing Japanese Grand Prix Minggu, 9 Oktober Pkl. 12.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Suzuka International Racing Course, Suzuka, Jepang.

F1 Racing United States Grand Prix Minggu, 23 Oktober Pkl. 02.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Circuit of the Americas, Austin, Texas, Amerika Serikat.

F1 Racing Mexican Grand Prix Minggu, 30 Oktober Pkl. 02.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Hermanos Rodriguez, Mexico City, Meksiko.

 F1 Racing Brazilian Grand Prix Minggu, 13 November Pkl. 23.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Brazil.

F1 Racing Abu Dhabi Grand Prix Minggu, 27 November Pkl. 20.00 WIB (LIVE) Disiarkan langsung dari Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Fakta Menarik dari Ajang GP Formula1

Dalam 1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2 Kg.

Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain. Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa satu tim F1 untuk setiap satu kali balapan sebanyak lebih kurang 28 ton. Terdiri atas spare parts, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team.

100 radio komunikasi yang digunakan antar anggota tim serta pembalapnya selama race weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop.

Jarak pengereman yang dibutuhkan mobil-mobil F1 dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya sendiri. Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 detik.

Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius.

Pembalap F1 memantau tak kurang dari 30 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. Dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear.

 Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km.

Khusus di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya” melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi.

Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter. ** (ak)

Sumber tulisan :kompasiana.com

Sumber foto :bolaliputan6.com

Thursday, March 31, 2016 - 09:45
Kategori Rubrik: