Pabrik Gula Bombana nan Bombastis

ilustrasi

Oleh : Mia Momo

Indonesia memiliki pabrik gula dengan teknologi canggih dengan produksi sangat besar, yakni 12.000 TCD. Milik pengusaha pribumi.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula yang berada di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020).

Mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jokowi menyebut investasi untuk membuka kebun tebu dan pabrik gula terintegrasi tersebut merupakan sebuah keberanian yang patut diapresiasi.

Pabrik dengan kapasitas produksi yang tergolong besar di Indonesia tersebut dioperasikan oleh PT Prima Alam Gemilang, yang merupakan anak usaha Jhonlin Group milik Andi Syamsuddin Asryad alias Haji Isam.

"Ini adalah sebuah keberanian. Keberanian membuka sebuah investasi dan usaha di tempat ini. Ini yang harus kita apresiasi dan hargai. Dimulai tiga tahun lalu dan sekarang selesai dan sudah berproduksi (Jokowi).

Selain keberanian tersebut, satu hal yang perlu digarisbawahi ialah investasi tersebut nyatanya mampu menyerap ribuan tenaga kerja lokal. Dalam operasinya, kebun dan pabrik itu dapat menyerap maksimal 15.000 tenaga kerja.

Sumber : Status Facebook Mia Momo

Monday, October 26, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: