Owner Gojek dan ruangguru.com Diajak Rapat Kabinet oleh Presiden

Ilustrasi

Oleh : Presiden Joko Widodo

Rapat terbatas dengan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan, Bogor, Kamis lalu dihadiri dua undangan khusus. Dua pemuda berbakat Indonesia yang hadir untuk menyumbangkan ide dan pemikirannya terkait pendidikan di Tanah Air.

Siapa mereka? Namanya familiar: Nadiem Makarim dan Adamas Belva Syah. Nadiem Makarim adalah pendiri layanan ojek online Go-Jek, dan Adamas Belva Syah adalah pendiri ruangguru.com, perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia.

Lalu mengapa pula mereka saya undang ke rapat kabinet? Saya meminta Nadiem dan Adamas untuk memberikan pandangan-pandangan tentang apa yang kita perlukan menghadapi perubahan-perubahan yang sangat cepat ini.

Kita sekarang memang fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi pada tahapan besar kedua kita akan masuk kepada pembangunan sumber daya manusia. Salah satunya dengan melakukan inovasi pada kurikulum dan sistem pendidikan di Tanah Air. Saya berharap pendidikan kita yang lebih dari 30 tahun tidak ada perubahan yang sangat mendasar ini bisa kita ubah sehingga bisa mengikuti perubahan-perubahan yang ada di dunia.

Saya berencana melakukan revisi pada kebijakan pemerintah yang terkait dengan pendidikan tinggi di Indonesia. Pemerintah akan memberikan izin kepada perguruan tinggi dari luar negeri untuk mendirikan kampus di Indonesia, entah politeknik, entah universitas. Supaya kita memiliki pembanding, baik dari sisi manajemen, kurikulum, dan lain-lain.

Sumber : Status FP Presiden Joko Widodo

Saturday, November 18, 2017 - 19:00
Kategori Rubrik: