Orang Beragama Harusnya Berilmu

Ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat

Salah satu ciri orang beragama itu adalah ada dorongan yang kuat untuk mendapatkan ilmu agama. Dan karena ilmu agama itu teramat luasnya, begitu banyak bidang dan cabangnya, maka jadi aneh kalau semangat beragama tidak diimbangi dengan semangat belajar ilmu-ilmu agama.

Tidak lah diangkat seorang menjadi imam shalat kecuali karena dia orang paling banyak ilmu agamanya. Tidak lah Rasulullah SAW mengutus para shahabat ke berbagai penjuru bumi untuk menyebarkan agama Islam, kecuali dengan pertimbangan bahwa mereka memang punya ilmu agama yang teramat mendalam.

Menyebarkan Islam itu tidak lain maksudnya adalah mengajarkan ilmu-ilmu agama, dan bukan sekedar perang bunuh-bunuhan merebut kekuasaan dari tangan orang kafir.

Tidak lah Islam itu disebarkan keluar jazirah Arabia kecuali dibawa lewat manusia paling tinggi ilmu agamanya.

Tidak lah diangkat para khalifah pengganti Rasulullah SAW kecuali lantaran mereka sosok yang berada pada posisi paling tinggi dalam ilmu agamanya. Tidak ada orang yang lebih mengerti ilmu agama di antara 124 ribu shahabat kecuali Abu Bakar, lalu Umar, lalu Utsman lalu Ali ridwanullahi 'alaihim ajma'in.

Maka tatkala kita hari ini ingin berdakwah menyebarkan syariat Islam, bisa saja sih kita latihan memanah, berkuda atau jadi kombatan perang. Namun apalah arti semua itu kalau para prajurit Islam malah tidak paham bagaimana tata cara ibadah kepada Allah, buta dengan hukum-hukum Allah, awam dengan pesan-pesan Al-Quran dan Sunnah.

Menyebarkan Islam punya banyak teknik, salah satunya memang lewat peperangan pisik. Tetapi kurang tepat rasanya kalau yang kita persiapkan hanya latihan pisik melulu, padahal esensi agama Islam yang kaffah itu justru pada ilmu-ilmu agama.

Ribuan prajurit yang perang menaklukkan suatu negeri itu pada akhirnya mau tidak mau harus menyerahkan negeri yang sudah mereka 'taklukkan' itu kepada para ulama juga. Sebab kalau rakyat negeri itu sudah menyerah dan masuk Islam, apa terus masih mau diajak perang terus?

Tentu saja tidak. Tentu mereka ditaklukkan untuk diajak menjadi orang Islam, bukan? Nah, jadi orang Islam itu harus belajar banyak tentang Islam. Lalu siapa yang akan mengajarkan mereka kalau bukan mereka yang punya ilmu agama?

Maha Benar Allah SWT ketika berfirman :

يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات
Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan mereka yang berilmu dengan beberapa derajat.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat

Sunday, July 1, 2018 - 14:00
Kategori Rubrik: