NU Menurut "Mereka"

Ilustrasi

Oleh : Vinanda Febriani

"Bagaimanakah NU menurut pandangan anda?," tanyaku kepada beberapa non muslim yang ada di kontak WA. 
Lantas jawaban yang aku dapatkan menyentuh hati. Aku tidak menduga bahwa NU sebegitu berartinya bagi mereka. Beberapa jawabannya akan aku cantumkan pada tulisan kali ini.
.
"NU adalah pahlawan bagi kami," jawab seorang kawan umat khatolik yang ada di Jawa bagian Barat sana. Dia menuliskan bahwa non muslim kemungkinan tidak bisa beribadah dengan tenang di Indonesia tanpa bantuan NU. Baginya, NU telah banyak menyelamatkan hidup non muslim. Termasuk ketika ada serangan bom yang banyak meneror non muslim, NU yang pertama kali membuat ultimatul ancaman, penolakan dan perlawanan kepada teroris.
.
Kemudian jawaban hampir sama datang dari seorang kawan penganut ajaran budha di Bali sana. Ia menuliskan bahwa NU adalah satu-satunya ormas Islam yang paling istimewa di Indonesia. Ketika yang lain sibuk membungkus kepentingan mereka dengan dalih-dalih agama, NU paling vokal menyuarakan kemanusiaan, keadilan, toleransi dan persatuan bangsa. "NU memang hebat. Aku bangga dengan adanya NU di Indonesia," tulisnya. 

Ia melanjutkan, bahwa kondisi Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Banyak sentimen agama yang digaungkan oleh oknum yang berkepentingan. Banyak isu SARA yang lebih mengarah pada masyarakat minoritas. Di sini peran NU sangat nyata dan terbukti selalu ada menolong, membela dan ikut memperjuangkan keadilan dan hak warga negara bagi non muslim.
.
Kemudian dia bercerita agak panjang, bahwa keluarganya dekat dengan orang-orang NU. "Orang NU itu baik, ramah tamah dan humoris," tulisnya. Walaupun keluarganya adalah non muslim, namun NU tetap menghargai dan mau menerima segala perbedaan yang ada. "Setiap kami ngobrol dengan orang NU, mereka memandang kami bukan sebagai 'kafir' yang kata orang-orang 'cethek', halal untuk dibunuh. Setiap kami ngobrol dengan orang NU, bawaannya tenang dan sangat nyaman. Mereka menganggap kami sebagai saudara, bukan musuh. Kami cinta kepada NU," pungkasnya.
.
Selain dua itu, masih ada beberapa jawaban yang rata-rata sama intinya. NU adalah ormas Islam yang sangat istimewa di Indonesia. NU dicintai semua orang karena kewibawaannya. 
.
Memang selama ini, faktnya NU lah yang paling vokal dalam membantu memecahkan problematika bangsa. Betapa banyak warga NU yang turut berkontribusi bagi negeri dengan bergerak baik di dunia maya maupun nyata untuk keharmonisan hidup di Indonesia. Tak perlu dipungkiri bahwa NU ormas Islam yang punya peran terdepan bagi keberlangsungan hidup yang aman, damai, tenteram, harmonis dan romantis di Indonesia. Oleh karenanya, NU harus tetap ada dan jaya di bumi Nusantara. Mari bersama kita rawat dan ruwat serta gelorakan semangat keNUan dan keIndonesiaan kita.

NKRI Harga Mati
NU Selalu di Hati

Vinanda febriani
Siswi kelas XII di MA Ma'arif Borobudur
Sabtu, 20-10-2018.

Sunday, October 21, 2018 - 12:30
Kategori Rubrik: