NTB Kucurkan Rp 1,83 Miliar Bantu 457 Mahasiswa Kurang Mampu

Redaksi Indonesia - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,83 miliar melalui APBD tahun anggaran 2015 untuk membantu 457 mahasiswa kurang mampu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Nusa Tenggara Barat (NTB) H Wahibullah di Mataram, Kamis (29/10/2015), mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk mahasiswa kurang mampu dari jenjang diploma tiga (D3) hingga program doktoral (S3).

"Syarat untuk menerima bantuan sosial pendidikan ini adalah berprestasi dan memiliki surat keterangan atau memiliki kartu kurang mampu dari desa/kelurahan," katanya.

Dia mengatakan, bantuan sosial tersebut harus digunakan untuk biaya menyusun laporan akhir atau skripsi untuk mahasiswa program S1, tesis untuk mahasiswa S2 dan penyusunan disertasi untuk mahasiswa S3.

Nominal uang bantuan sosial yang diterima untuk mahasiswa yang menyusun skripsi bervariasi, mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp5 juta, sedangkan untuk mahasiswa program D3 mendapatkan Rp2,5 juta.

Untuk mahasiswa program S2 yang menyusun tesis mendapatkan bantuan dengan nominal mulai dari Rp5 juta hingga Rp10 juta.

"Kalau untuk mahasiswa S3 menerima dana sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta," ujar Wahib.

Menurut dia, adanya perbedaan nominal yang diterima masing-masing mahasiswa, dinilai dari judul penelitian skripsi, tesis dan disertasi yang disusun oleh mahasiswa.

Pemerintah Provinsi NTB lebih mengutamakan pemberian beasiswa terkait penelitian yang ada kaitannya dengan program unggulan Pemprov NTB, seperti peningkatan populasi sapi, peningkatan produksi jagung dan rumput laut, serta beberapa disiplin ilmu lainnya.

"Bantuan yang diberikan pemerintah daerah sebagai salah satu upaya merangsang para mahasiswa untuk melakukan penelitian berbasis keunggulan daerah," kata Wahib. (Antara)

Thursday, October 29, 2015 - 16:45
Kategori Rubrik: