Note Untuk Penceramah

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat, Lc.,MA

Ini adalah copas WA dari pihak TV sejak saya terima undangan ceramah untuk taping hari ini. Saya paham maksudnya, tapi mungkin narasinya saja yang perlu diberi sentuhan akhir.

* * *
1. Memberikan ceramah yang positif
2. Memberikan ceramah yang mempersatukan bangsa
3. Memberikan ceramah yang menentramkan
4. Memberikan ceramah yang memberikan kedamaian bangsa
5. Memberikan ceramah yang netral atau tidak menghakimi siapa pun / pihak mana pun
6. Memberikan ceramah berbasis pada Alquran dan Hadist yang shahih
* * *

Ceramah yang positif, mempersatukan bangsa, menentramkan, memberikan kedamaian bangsa, tidak menghakimi siapa pun / pihak mana pun. Semua oke lah.

Cuma yang lucu nomor 6 itu. Berbasis pada Al-Quran dan hadits yang shahih. Kenapa harus pakai istilah 'hadits yang shahih'? Maksudnya apa nih?

Apa kita hanya boleh mengutip hadits Bukhari Muslim saja? Lalu hadits yang lain nggak boleh?

Kalau haditsnya shahih li ghairihi, hasan atau hasan li ghairihi bagaimana?

Kalau haditsnya sebagian bilang shahih tapi sebagian bilang tidak shahih, gimana dong?

Terus hadits dhaif justru banyak digunakan oleh Imam Ahmad, karena Beliau lebih memilih hadits dhaif ketimbang ra'yu pemikiran, gimana dong?

Dan ceramah kalau hanya sebatas Al-Quran dan hadits Shahih saja, bagaimana dengan ijma' dan qiyas? Bagaimana dengan mashalih mursalah, saddan lidz-dzariah, istishab, syar'u man qablana, 'urf, amalu ahlil Madinah?

Masukan dari saya :

1. Ceramah harus jelas bidang ilmunya, apakah fiqih, ushul fiqih, tafsir, dan lainnya. Tidak boleh asal ceramah tanpa menyebutkan disiplin ilmunya. TIdak boleh ceramah di luar disiplin ilmu yang dikuasainya.

2. Harus bisa menyebutkan sumber rujukannya di dalam kitab para ulama yang muktamad. Ceramah jangan keluar dari silabus yang sudah ditetapkan.

3. Tidak bawa-bawa urusan politik dan kepetingan kelompok, golongan, ras tertentu, tidak boleh membuli, mencaci maki, dan tidak menyebar hoaks dalam bentuk apapun. Tidak boleh menghina agama lain.

4. Siap bertanggung-jawab atas isi materi ceramah di depan hukum.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Friday, September 6, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: