New Normal

ilustrasi

Oleh : Munawar Khalil

Menarik setelah kita tahu ternyata corona ini banyak jenis dan variannya, sudah ada sejak puluhan tahun bahkan sejak 1937.

Faktanya, vaksin bahkan mungkin obat spesifiknya yang paten sampai sekarang belum ada. Dan sejak 1937 itu kita sudah terbiasa hidup berdampingan dengan virus ini walau mungkin dengan jenis dan varian berbeda tadi.

Jika menyimak obat spesifiknya yang belum ada, dan dampaknya yang belum signifikan mengurangi populasi dunia bahkan Indonesia. Itu yang dimaksud kita harus santai hidup normal dengan virus ini, tapi ya tetap mengedepankan kewaspadaan dan ke hati²an. 

Mengikuti protokol kesehatan terbaru, hidup bersih, menjauhi kerumunan yang tidak perlu walaupun atas nama agama, tanpa harus panik dan mendramatisir keadaan, apalagi saling menyalahkan.

Yang lebih menarik lagi, ternyata virus corona jenis MERS yang mewabah pada 2012 lalu sumbernya malah dari Arab Saudi, bahkan onta yang kencingnya bisa diminum itu adalah inang penampung utama dan penyebar virus corona tersebut.

Tidak ada yang menyalahkan Arab Saudi seperti menyalahkan China saat ini. Mungkin karena disamping penyebaran serta korbannya tidak terlalu banyak, virus Corona jenis MERS ketika itu tidak bermutasi dengan virus pilpres. Sebab virus pilpres baru ditemukan pada 2014.

Aneh kalau kita lebih bangga menjadi ke Arab²an dari pada ke China²an. Jauh melebihi bangga menjadi bangsa Indonesia dan menjadi diri sendiri.

Sumber : Status Facebook Munawar Khalil

Monday, May 18, 2020 - 11:30
Kategori Rubrik: