by

Nasib Menyedihkan 5 Anggota BPUPKI/PPKI Asal Etnis Tionghoa

Oleh : Andrea

Kita patut berterimakasih dan mensyukuri jika akhirnya 3 anggota BPUPKI / PPKI (A.Muzakkir, M.Masjkur dan AA Maramis) dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada hari Jum’at (8/11/2019).

Di sisi yang lain, kita wajib menangisi hal yg amat menyedihkan, yaitu tak adanya apresiasi kita sebagai bangsa terhadap 5 anggota BPUPKI / PPKI (Liem Koen Hian, Oey Tjong Hauw, Oey Tiang Tjoei, Tan Eng Hoa dan Yap Tjwan Bing). Jangankan menjadi pahlawan nasional, nama2 mereka bahkan tak tercatat dalam bahan ajar sejarah anak2 sekolah bangsa.

Bahkan dalam buku resmi Sejarah Nasional Indonesia (SNI) nama2 Tionghoa ini telah dilenyapkan. Saat ini, ke-5 nama tersebut sudahlah terasa asing.Semoga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Nadiem Makarim, menjadikan ini sebagai satu tugas utama yg harus diselesaikan. Jika gelar pahlawan nasional itu dianggap terlalu berlebihan bagi mereka, setidaknya kenalkanlah nama tersebut kepada anak2 sekolah dasar dan menengah, dengan cara menjadikannya sebagai bahan ajar sejarah.

Agar mereka sebagai generasi muda dapat mengenal para pejuang bangsanya, tanpa perlu dibatasi sekat2 etnis, golongan dan agama. “Bukankah demikian?”Selamat Hari Pahlawan! Sumber:Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)Sekretariat Negara RI 1992.Koleksi Museum Pustaka Peranakan Tionghoa

Sumber : Status Facebook Andrea

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed