by

Nasdem Bikin Jokowi Panas Adem

Namun rencana itu ternyata tidak bisa mulus sesuai keinginan Jokowi.

Adalah Nasdem yang sedemikian rupa bermanuver bahwa dia tidak bisa disetir. Jatah menteri adalah bayaran pantas buat Nasdem yang ketika kampanye pilpres mendukung Jokowi sampai berdarah-darah. Disaat partai pendukung, tidak menyertakan foto Jokowi dalam spanduk dan banner, Nasdem melakukan itu.

Jadi mungkin saja Nasdem berfikir memang kita terima diikasih jatah menteri, namun itu bukan berarti Nasdem harus mengekor Jokowi. Apalagi PDI P yang terus mesra menjalin kasih dengan Gerindra. Jokowi tahu. Nasdem juga tahu.

Jadi sikap Nasdem ini membuat Jokowi serba serba salah. Memang bisa dicopot semua menteri NasDem. Tapi itu akan menimbulkan luka politik dalam koalisi. Golkar akan melakukan manuver membela Nasdem langsung atau tidak langsung karena jika Nasdem keluar kabinet, dia sendirian. Tidak ada kawan satu ideologis yang satu sama lain sudah tahu sama tahu bagaimana mencapai keuntungan bersama.

Jadi, tak masalah bagi NasDem menterinya dicopot atau tidak , asal bisa jadi kekuatan penyeimbang agar PDI P dan Gerindra tidak jalan melenggang. Baik di pemerintahan atau Parlemen.

Nasdem agaknya ingin memastikan akan jadi kerikil dalam sepatu Jokowi. Sama dengan PKS ketika masuk pemerintahan jaman SBY. Tidak bisa disingkirkan. Karena perannya signifikan.

Dan Jokowi harus kerja keras mengatasi friksi yang disebabkan oleh ulah NasDem. Terutama dari PDIP yang mengambil jarak. Ini harus dilakoni Jokowi, sebagai konsekuensi model kabinet bentukannya yang transaksional, yang akan membuat dia panas adem.

Utamanya karena NasDem.

Yang harus kita akui pinter banget ngerjain Jokowi.

Sumber : Status Facebook Budi Setiawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed