Nalar Kebablasan

ilustrasi

Oleh : Ainur Rofiq Al Amin

Tanpa mengecilkan problem lain, masalah radikalisme, korupsi dan narkoba adalah problem besar bangsa Indonesia. Menumpas radikalisme harus dilakukan oleh semua lini masyarakat, sebagaimana menumpas terhadap peredaran narkoba dan korupsi.

Namun yang harus dicatat, jangan sampai menumpas salah satu problem di atas, kemudian mengabaikan yang lain. Lebih naif lagi apabila penumpasan itu digunakan sebagai tunggangan atau untuk menutupi problem lain. Itu sebentuk kebablasan.

Lebih bahaya lagi apabila sampai pihak yang menggugat terhadap salah satu penumpasan, menjadikan pihak yang fokus atau bergiat terhadap hal tersebut menjadi enggan atau kikuk bergerak karena kawatir dapat stigma negatif.

Tentu ini nanti juga akan terjadi kebablasan dan menguntungkan pihak yang hendak diberantas.

Prinsipnya, tiga problem besar adalah fakta, saling dukung adalah penting. Elit penguasa mempunyai ranah garapan yang jelas di lini masing-masing. Namun juga tidak boleh ego sektoral yang muncul sehingga kerjanya parsial. Prinsip gotong royong dan berfikir multidimensional adalah wajib.

Mari kita dukung pemberantasan tiga problem di atas. Jangan sampai malah abab atau mulut kita memenyotkan upaya pemberantasan, sebagaimana abab pada lakon kita yang memenyotkan botol itu.. heheehe... Pertanyaannya? Penyot itu apa?

Sumber : Status Facebook Ainur Rofiq Al Amin

Monday, October 28, 2019 - 10:45
Kategori Rubrik: