Mudik 5 Tahun Lalu dan Sekarang

Oleh : Toni Pratondoadi

5 taun yg lalu, mudikku terasa afdol. Ngantri dari pagi nyampe pagi lagi. Perjalanan bisa sampe 18 jam Jakarta-Cirebon doang.

Nikmatnya perjalanan jalur Pantura, dmana pelan jalan d kanan dan menyusul dari kiri, rebutan ama motor, pedagang, dan pejalan kaki itu khas mudik. Gak ada yg bisa nyamain.

Perjalanan jarak 116,7 km aja perlu dua supir, kalo supir pertama udah mau kolaps, harus ada pemain cadangan. Dan perjalanan 18 jam termasuk mampir d peristirahatan terdekat, yg menyediakan posko pijat gratis dari Tolak Angin.

5 taun yg lalu, mudikku terasa afdol. Lapar? Nikki tersedia d sepanjang pantura. Mau buka darurat? Aku bahkan gaperlu minggir.

D tengah macet yg lebih lambat dari momentum jalan kaki Amien Rais, pedagangnya bisa nyamperin. Kendaraanmu d jamin kekejar kok.

Tinggal teriak,.. "BANG, TEH BOTOL, TAHU, GEMBLONG!!!"

Kalau lapar banget, ada banyak kedai aji mumpung d spanjang jalan. Bisa pesen Indomie elite rasa kaki lima harga bintang lima. 20-30 rb seporsi...

Jangan salah masuk yah, d spanjang Pantura banyak jg kedai kopi pangku yg gak cocok d samperin dalam rangka mudik bersama anak istri. Ranjau2 yg menambah tantangan mudik

5 tahun yg lalu, begitu nyampe tujuan dan ketemu kasur rasanya bagai nemu blue diamond 56 karat milik Louis XVI yg d perebutkan Caledon Hockley d film Titanic.

5 tahun yg lalu, mudik tuh pengalaman yg unique banget. Butuh stamina, kehati2an & kesabaran tinggi.

Skarang, mudik apaan? Kecepatan bisa sampe 80km/jam. Gak ada rintangan berarti seperti pasar kaget, anak kecil berlarian, kakek2 nyebrang, dan motor seruntulan.

Sekali masuk tol bablas sampe tujuan.

Bengong dikit dah sampe Cikarang. Pipis d Palimanan. Tiba2 sampe rumah ortu.

Tol Jakarta-Cikampek
Tol Cikampek-Palimanan
Tol Palimanan-Kanci
Tol Kanci-Pejagan
Tol Pejagan-Pemalang
Tol Pemalang-Batang
Tol Batang-Semarang
Tol Semarang-Salatiga
Tol Salatiga-Solo
Tol Solo-Sragen
Tol Sragen-Ngawi
Tol Ngawi-Wilangan
Tol Wilangan-Kertosono
Tol Kertosono-Surabaya

Rasa mudikku hilang. Hiks..

Pakdhe sialan

(kwek)
 
Sumber : facebook Aldi Bhumi
Monday, June 11, 2018 - 10:30
Kategori Rubrik: