MTXL : Ngaji Online

ilustrasi

Oleh . Ahmad Sarwat, Lc, MA

Pengurus Majelis Taklim XL barusan kirim kabar bahwa kajian kita pekan depan ada perubahan, yaitu ngajinya dengan cara virtual. Mereka tidak bilang ngajinya libur sih. Hehe

Ini petikannya :

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz,

Sebagai langkah perusahaan untuk menekan penyebaran virus corona, kami mtxl untuk sementara menyajikan kajian ba'da dzuhur dengan cara virtual. Kami dari pihak MTXL memohon maaf sebesar besar nya kepada ustadz,

Terkait kajian virtual ini kami meminta ketersediaan waktu ustadz untuk merekam kajian sesuai dengan judul yang disepakati dengan MTXL kemudian meng-upload ke google drive yang disediakan sebelum waktu kajian yg telah disepakati dengan MTXL.

Keren, kan?

Sebenarnya untuk urusan ngaji virtual kayak gini memang bukan hal yang aneh. Sekarang pun kalau pada mau ngaji, saya tinggal siaran LIVE aja di Youtube atau FB. Kalau perlu ceramah menjelang sahur pun bisa.

Sewaktu pulang dari Qatar tahun 2008, panitia disana minta kajian rutin seminggu sekali by Yahoo Messanger (jaman segitu belum ada live di youtube atau FB). Jamaah pada kumpul di Doha dan saya dari Jakarta cermaah di dalam kamar.

Sekarang ini tiap malam Kamis saya pun siaran LIVE yaitu Kajian Malam Kamis (KMK), via FB, youtube, bahkan TV satelit Share Channel. Ini live lho ya, bukan tapping.

Kalau yang sifatnya tapping, saya dan teman-teman di Rumah Fiqih Indonesia juga sudah bikin Sekolah Fiqih. Di dalamnya ada 400 episode modul perkuliahan.

Zaman sudah maju, penyebaran ilmu-ilmu keislaman sudah teramat canggih. Tinggal bagaimana memastikan bahwa nara sumbernya memang mereka yang punya kapasitas, otoritas dan juga kapabilitas. Ilmunya harus jelas, disiplin ilmu yang dibahas juga musti ngepas.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Thursday, March 19, 2020 - 08:45
Kategori Rubrik: