Moral Story "The World of Married Couple"

Oleh: Niken Satyawati

Kelebihan drama Korea (Drakor) selain unsur sinematografinya seperti gambar yang tajam, angle yang tak biasa, setting yang mantap, pemain-pemain yang rupawan, juga adanya pelajaran moral/moral of the story dalam setiap serinya. Tak terkecuali  Drakor  “The World of Married Couple (TWoMC)”---tayang di Trans TV dengan judul “The World of The Married”. Selain keseluruhan dramanya yang keren, terutama jalinan kisahnya yang rumit tapi asyik disimak, TWoMC juga mengandung pelajaran moral penting. 

 

 

Sejumlah pelajaran moral tersebut adalah sebagai berikut: 

 

  1. Ketika sudah memutuskan hidup berumah tangga, jangan berkhianat dari pasangan Anda. Pernikahan adalah ikatan yang suci. Jangan dikhianati. Junjung tinggi kejujuran. Kesalahan karena pengkhianatan sulit dimaafkan. Jangan sampai insyaf setelah mengalami kehancuran seperti  Tae Oh.
     
  2. Perpisahan kadang bisa menjadi jalan keluar untuk menyelamatkan dari rumah tangga yang sudah berantakan. Siapa juga yang mau punya suami berselingkuh, di sini ngomong A di sana ngomong B. Udah gitu jarang di rumah, tidak memperhatikan keluarga, penghasilan nggak jelas, sekalinya pulang marah-marah dan merasa tak bersalah. Lebih baik buang saja ke laut.
     
  3. Sebelum resmi berpisah, perhatikan dengan seksama kondisi dan potensi kerumitan. Siapkan matang-matang, termasuk soal pembagian harta.  Kalau perlu konsultasi dengan expert seperti dr Ji. Siapkan baik-baik perceraian itu. Jadi ketika perceraian benar-benar terjadi, dia tidak dirugikan secara materi. 
     
  4. Perpisahan sebaiknya dilakukan secara smooth. Kalau dilakukan dengan penuh drama, aka nada sisa-sisa masalah yang mungkin meledak di kemudian hari seperti dialami dr Ji dan Tae Oh. 
     
  5. Perhatikan psikologis anak (kalau ada) yang menjadi korban perceraian. Ciptakan quality time. Anak-anak seperti ini butuh pendampingan. Jangan sampai anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang labil dan klepto seperti Joon Young.
     
  6. Ada eks suami, ada eks istri tapi tidak ada eks anak. Ketika berpisah, tetap beri akses pasangan untuk tetap mengasihi anak. Jangan justru menjadikan anak sebagai alat untuk memenuhi ego ayah ataupun ibunya. 
     
  7. Perempuan sebaiknya berdaya secara ekonomi. Bila perempuan berdaya secara ekonomi seperti dr Ji Sun Woo, maka tidak akan terlalu sulit memutuskan berpisah dari pasangan. Lebih baik hidup sendiri daripada berpasangan tapi saling menyakiti.

 

Begitu dalam dan penting moral of the story TWoMC, sehingga drakor ini sangat recommended buat Anda yang sudah berumah tangga, mau berumah tangga, dan juga Anda yang merasa rumah tangganya seperti neraka tapi masih ragu-ragu untuk berpisah dari pasangan Anda. 

 

(Sumber: Facebook Niken Satyawati)

Wednesday, May 27, 2020 - 11:15
Kategori Rubrik: