Modal Cinta

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Ada teman orang korea.Tahun 2007 dia berhasil membangun kawasan property di Ichon Korea. Investasi melbatkan dana setidaknya USD 1 miliar atau Rp. 12 triliun. Bagaimana dia bisa menjadi developer besar? padahal sebelumnya dia bukan siapa siapa.Dia hanyalah pegawai bank kecil di Seoul? Menurutnya dukungan pembiayaan itu dia dapat dari seseorang yang dia kenal dari dunia maya. Lebih dari 3 tahun dia berkomunikasi dengan sahabat Dumay nya itu lewat Yahoo messenger dan blogger. Selama persahabatan itu tidak pernah bicara soal bisnis tapi lebih kepada berbicara soal minat masing masing dan saling menyemangati. Suatu saat dia punya impian untuk membangun kawasan property dan berniat keluar dari tempat kerjanya di bank. Sahabat dumay nya mendengar dengan seksama segala impiannya. Dan memberi semangat agar dia tidak menyerah kalau dia yakin dengan impiannya. Suatu saatnya temanya berniat berkunjung ke Seoul dan dia menanggapi dengan antusias. Ketika sahabat dumaynya datang menemuinya, dia merasa tidak ada jarak.Persahabatan lewat dumay telah membentuk perasaan yang dekat,sehingga ketika bertemu didunia nyata perasaan itu tidak berbeda sama sekali. Ternyata sahabat dumay itu seorang berprofesi sebagai private equity. Melalui sahabat dumay nya itulah impiannya ditapaki.

Sahabat dumay itu membantunya memberikan solusi pembiayaan.Dia dengan sabar menerima segala masukan dari sahabatnya. Dia pun berusaha berpikir positip atas segala prinsip sahabat dumaynya itu, untuk dia pahami dan mengerti.Selama dua tahun dia bersama sahabat dumay itu semakin intensip bertemu di dunia nyata sampai akhirnya proyek itu berhasil di bangun.Impian menjadi kenyataan. The dream come true. Saya juga termasuk mengenalnya lewat dumay MSN. Tahun 2008 saya bertermu dengan dia di Seoul, dia menjemput saya di bandara.Dia mengantar saya ke hotel dengan kendaraan yang dia setir sendrii. Ketika makan di restoran dia berbicara dengan sangat santun. Setiap teh saya berkurang di cangkir, dengan sigap di menuangkannya kembali. Ketika usai makan dia dengan sigap membayar bill tanpa membuat saya tersinggung. Padahal antara saya dengan dia tidak ada hubungan bisnis apapun ketika itu. Kelak kemudian hari dia menjadi mitra bisnis saya sampai sekarang..

Apa yang dapat di simpulkan dari sahabat saya itu ? sifatnya yang terbuka dan suka menjalin persahabatan dengan siapapun tanpa ada kesan dia berharap sesuatu dari sahabatnya. Dari wajahnya dia nampak tulus sekali mengenal saya. Berlalunya waktu perasaan cinta terbangun sehingga tanpa disadari kami bisa saling " jatuh cinta".Bukan karena mengetahui apa profesi kami tapi karena pribadi yang peduli dan penuh cinta yang tulus.Bahwa sahabat adala segala galanya. Bersahabat karena Tuhan. Persahabatan adalah investasi cinta yang tak akan pernah mubazir. Inilah modal yang tak akan pernah habis habisnya. Membangun jaringan persahabatan adalah membangun jaringan cinta. Membangunnya tidak bisa seketika jadi atau seperti gigit cabe langsung pedas. Ada proses panjang yang menguji ketulusan anda. Selama itu pribadi anda di uji sampai akhirnya orang jatuh cinta dan nyaman menjadikan anda sahabat.Saat itulah anda telah berhasil mendapatkan "modal cinta". Dia akan menjadi bagian anda yang dalam situasi terburuk akan selalu ada untuk anda. Bersahabatlah karena cinta. Bukan karena motif bisnis semata tapi karena memang dasarnya cinta.

Sahabat dumay saya sekarang ada 5000 orang.Following saya ada lebih 20.000. Ini saya bangun tidak sebentar. Tidak dengan motif bisnis. Saya lakukan dengan dasar cinta. Berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada siapapun.Menebarkan aura cinta kepada siapapun.Kalau sampai ada yang saya block bukan karena saya membenci tapi menjaga agar dia tidak di bully oleh orang lain karena dia rude terhadap saya didepan umum. Tapi dia tetap bisa berkomunikasi lewat Japri WA atau sms dengan saya. Bagi saya,siapapun sahabat adalah harta yang harus saya jaga..

Anak ku.. TIdak semua padi di tanam akan tumbuh padi, bisa juga yang tumbuh ilalang. Dan ilalang pun tetap ada gunanya. Teruslah tanam padi. Tidak semua telur menetas, bisa juga ada yang busuk.Yang busuk akan tetap ada gunanya. Ayam terus memeram telur itu. Tidak semua orang kamu temui menjadi sahabat, akan ada teman palsu. Tetaplah bangun persahabatan. Perbanyaklah silahturahmi dan sabar dalam bersahabat, dan yang lebih penting ikhlaslah karena Tuhan. HIdup mu akan selalu lapang bukan karena kamu cantik, gagah,kaya ,pintar tapi karena memang kamu mampu merebut cinta orang dan mendapatkan "modal cinta" untuk kamu tumbuh dan berkembang karena waktu. Yakinlah karena itu, yang sulit akan menjadi mudah, yang pelik akan terurai dengan sendrinya.Yang tak mungkn menjadi mungkin.Hidupmu akan bahagia karena hidup mu penuh cinta...** (ak)

Sumber : http://rahmatallah.blogspot.co.id/2016/03/modal-cinta.html

Wednesday, May 4, 2016 - 07:45
Kategori Rubrik: