Mobil Tempur Indonesia Diminati Dunia

Ilustrasi

Oleh : Wahyu Sutono

Mobil tangguh buatan PT Pindad (Persero) ini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Sebagai kendaraan penjaga persatuan Negara Republik Indonesia, PT Pindad tidak main-main dalam membuat karyanya. Terbukti dengan adanya mobil bernama Komodo ini.

Mobil tempur berbasis All Wheel Drive (AWD) ini mampu melampaui saingan-saingannya dari negara lain seperti Humvee buatan Amerika dan juga Sherpa buatan Perancis. Kedua mobil di atas merupakan mobil perang yang mampu memberikan perlindungan khusus terhadap tentara yang sedang berada di medan pertempuran.

Mobil Komodo merupakan mobil tempur versi ringan dan mulai dipergunakan sebagai kendaraan operasional Kopassus dalam menghalau berbagai macam huru-hara ataupun konflik di kota maupun di daerah perbatasan, karena selain tangguh, juga memiliki berbagai keunggulan dibandingkan berbagai mobil tempur yang ada di negara lain, bahkan melebihi Humvee buatan Amerika sekalipun.

Harga mobil ini dibanderol mulai dari Rp 2 hingga 3 milliar rupiah, dan terdapat tujuh varian berbeda dari mobil ini. Salah satu varian yang sangat dibanggakan adalah varian Battering Ram atau varian pendobrak, yang mampu menjebol tembok beton dengan ketebalan 30 cm.

Varian lain dari mobil tangguh ini hadir dalam berbagai macam kebutuhan seperti Cannon Towing, Rocket launcher dan lainnya yang tentunya memiliki daftar harga mobil yang disesuaikan dengan spesifikasinya.

Canggihnya lagi, dalam proses pengintaian di kegelapan malam, mobil ini masih dapat digunakan dengan baik oleh pasukan. Hal ini dikarenakan adanya fitur night vision yang memungkinkan pasukan dapat melihat di kegelapan malam dengan baik meskipun tidak ada cahaya sama sekali. Sensor pada mobil ini bahkan dapat mendeteksi suhu panas di sekitar mobil tempur ini.

Interior kabinnya yang luas dapat menampung hingga 10 pasukan bahkan lebih secara bersamaan. Ruang kabin yang lapang juga mampu digunakan oleh pasukan untuk melakukan koordinasi di dalam mobil sebelum melakukan aksi penyergapan.

Kursi yang digunakan juga sangat elegan, sehingga mambuat pasukan merasa nyaman untuk duduk selama perjalanan di dalam kendaraan tempur ini. Biasanya mobil perang tidak menawarkan kenyamanan layaknya mobil sedan. Namun hal ini justru sangat berbeda dengan mobil perang Komodo ini. Karenanya tak heranlah bila negara lain mulai tertarik untuk memesan ke Indonesia.

"Aku Cinta Buatan Indonesia"

Salam NKRI Gemilang

Sumber : Status Facebook Wahyu Sutono

Monday, November 12, 2018 - 17:45
Kategori Rubrik: