Minggu Atau Ahad?

ilustrasi

Oleh : Budi Setiawan

Kata Minggu berasal dari bahasa Portugis yakni Dominggo. Wikipedia menjelaskan Dominggo asal katanya dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti "dia do Senhor", atau "hari Tuhan kita". Bahasa Melayu kuno menyebut hari Minggu sebagai Dominggu. Baru sekitar abad ke 19 dan awal abad ke 20 kata Dominggu disingkat Minggu.

Banyak kalangan Islam garis kaleng- kaleng yang ke arab-araban menghindari penyebutan kata minggu karena itu istilah orang kafir. Mereka menyebut Minggu sebagai Ahad.

Ahad itu bahasa Arab. Tapi punya kesamaan dengan bahasa Ibrani Yahudi yakni Ehad. Artinya sama. Yakni satu atau pertama.

Apakah hari Minggu itu hari ketujuh atau hari pertama dalam sepekan?

Kita tengok dulu asal kata pekan.

Pekan berasal dari bahasa Melayu yang berarti tempat.Pekan Baru misalnya merujuk pada arti tempat yang baru. Namun kata ini diserap dalam bahasa Jawa sebagai pasar yang dulunya hanya buka seminggu sekali berdasarkan komoditi yang dijual. Jadi ada pasar Kliwon, Pahing, Pon, Wage dan Legi yang merujuk pada penamaan hari dalam bahasa Jawa.

Kembali ke hari Minggu, awal atau akhir pekan?

Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, hari Minggu adalah hari ketujuh dalam seminggu. Metode untuk merepresentasikan penanggalan dan waktu ini telah digunakan sejak 1988. Jadi hari Minggu kita semua libur, kecuali di Arab yang libur di hari Jum'at.

Nah sekarang, mengapa umat Kristen beribadah di hari Minggu. Kok gak hari Senin atau Rabu?

Kawan saya yang Kristen taat merujuk pada ayat-ayat Injil bahwa hari Minggu adalah hari istimewa bagi umat Kristiani.

Kata dia Yesus bangkit dari kematian terjadi di hari Minggu. Kebangkitan Yesus adalah pokok iman Kristen sebagaimana Muslim mengimani peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang berujung pada perintah sholat dari Allah SWT di Langit Ketujuh.

Dalam keyakinan Islam, Nabi Muhammad SAW pada perjalanan itu juga bertemu dengan Yesus di surga.

Jadi ibadah minggu kata kawan saya adalah perayaan Hari Tuhan. Meski dalam Injil tidak ada perintah ibadah hari Minggu. Lain dengan sholat Jumat yang diperintahkan Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam Qur'an, surat Al Jumuah.

Namun kawan Kristen Liberal karena jarang ke gereja bilang karena tidak ada perintah, maka ke gereja tidak penting. Karena doa-doa yang dia ucapkan di rumah, mobil atau kantor juga bakalan didengar Tuhan.

Loh kok lu ke gereja sekarang? Wangi pulak..

Gua cari gebetan seiman bro.. Mumpung libur... It's just like easy Sunday morning rather than misty Sunday morning.

Gue ketemuan sama dia tadi malem dan janjian di gereja he.. he..

Semprul lu..

Semoga lu dapet hidayah..

Sumber : Status Facebook Budi Setiawan

Monday, August 5, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: