by

Merindukan Kembali Pak Ahok

Oleh : Karto Bugel

anda semua tahu bahwa Anies bukan lawan tanding Ahok. Ahok tahu benar bagaimana seharusnya menjadi seorang pimpinan daerah. Terlalu jauh skill yang dimilikinya dan maka, sejujurnya, ga aple to aple bila harus dibandingkan dengan Anies.

Kenapa?

Seperti pegawai yang punya pendapatan yang berasal dari hanya satu sumber, itulah Anies. Mindset nya sudah terbentuk dengan cara seperti itu. Bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika duit kurang misalnya, ya gadaikan slip gajinya.

Beda dengan mindset pengusaha, bila di sana bahkan sudah ada tujuh potensi dia dapat mencari selisih, dia akan cari cara yang kedelapan, kesembilan dan kesepuluh. Otaknya tidak pernah mau diajak istirahat ketika bicara bahwa potensi itu masih ada.

Ga percaya?

Pernah dengar jembatan Semanggi? Atau banyak rusun yang dia bangun? Itu hampir tanpa APBD langsung.

Mulai dari pembangunan berbagai ruang publik terpadu ramah anak, gedung parkir di Mapolda Metro Jaya, hingga jalan layang di Bundaran Semanggi, dia gunakan duit yang berasal dari corporate social responsibility.

CSR itu, konon didapat dari kompensasi dari koefisien lantai bangunan maupun kontribusi tambahan pengembang proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

Pintar?

Itu karena dia menguasai lapangan. Dia sadar dan tahu benar dimana dia berdiri.

“Maksudnya?”

Dia paham benar bahwa Pemda tidak hidup dari gaji doang. Untuk gaji karyawan dan hingga banyak staf, negara atau pusat memang sudah memberi kontribusi. Duit dari APBN itu disebut DAU atau Dana Alokasi Umum.

DAU hanya salah satu sumber bagi APBD. Ada PAD atau Pendapatan Asli Daerah, ada DBH Dana Bagi Hasil dan ada DAK atau Dana Alokasi Khusus.

Itu semua, bila dikelola dengan baik, ada dan lalu disadari bisa dimanfaatkan dengan benar, adalah sumber yang bisa jadi jauh lebih besar dibanding dana dari pemerintah pusat yang hanya sekedar untuk gaji tadi.

Kalau pemimpin daerah hanya mengandalkan DAU saja, benar adanya daerah itu memang bisa hidup, tapi tidak ada ruang untuk membuat daerah itu berkembang.

Bagaimana sebuah daerah bisa maju dan berkembang, kejarlah PAD. Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah dengan membangun daerah anda.

Ketika bicara dari mana duit untuk modal, itu bisa dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus dari Kementerian. Ada syarat rumit dan benar tidak mudah, tapi justru di sinilah kepiawaian seorang pemimpin diuji.

“Emang Anies ga sadar apa?”

Dia sangat sadar potensi dirinya. Dia besar dengan caranya sendiri di dunianya sendiri. Bahwa di dunia seperti itu ada banyak penghuninya, itu realita yang tak perlu disangsikan. Buktinya dia bisa nyapres dan gak sedikit yang mengelu elukannya menjadi PRESIDEN SUPER dan tentu saja, untuk para pengikutnya yang SUPER pula.

RAHAYU

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed