Menyelamatkan Masa Depan

ilustrasi

Oleh : Johan Wahyudi

Bertempat di hall atau ruang luar kelas yang cukup luas, sebanyak 300an siswa kelas 10 MAN 1 Surakarta mengikuti Sarasehan Media : Bahaya Gadget bagi Remaja. Acara ini menghadirkan dua narasumber dari Mafindo, yakni saya dan Mbak Erwina Tri. Digelar dari pukul 13.00 - 15.00.

Acara ini diadakan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan gadget atau hape di kalangan remaja. Telah kita ketahui bersama bahwa masa remaja adalah masa dimana puncaknya rasa ingin tahu dan eksis diri. Dan sosial media sering digunakan untuk mewujudkannya.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan remaja saat bersosial media dengan gadget, yakni :

Satu, hape jangan sampai hilang. Hilangnya hape bisa diartikan hilangnya separuh nyawa jika hape itu disalahgunakan penemu.

Dua, jangan biasakan meminjamkan hape ke orang lain. Ini bisa disalahgunakan untuk mencuri isi hape tanpa diketahui pemiliknya karena bukti pengiriman sudah dihapus. Ingat, risiko ini ditanggung oleh pemilik hape, bukan pengirim.

Tiga, jangan terlalu suka umbar foto dan video pribadi. Foto dan video itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, seperti kaum pedofilia dan human trafficing. Cukup banyak anak-anak jadi korban akibat kasus ini.

Menyikapi itu, hape harus digunakan untuk segala aktivitas yang mendukung masa depan. Maka, hape mestinya diisi dengan konten-konten yang positif agar tidak bikin was-was jika hilang atau dipinjam orang lain. Jika itu diperhatikan, insya Allah masa depan terselamatkan....

Sumber : Status Facebook Johan Wahyudi

Monday, January 13, 2020 - 11:30
Kategori Rubrik: