Menjawab Pro-Kontra Tentang Kartu Pra Kerja

Akhir2 ini banyak masyarakat bertanya2 dengan program Pakde Jokowi terkait "Kartu Pra-Kerja" 

Banyak masyarakat melihat ini suatu hal yang gila & tidak banyak juga kaum oposisi memakai program tersebut untuk goreng-mengoreng (awas kolesterol) dalam menjatuhkan lawan politiknya 

 

 

Oke..disini gw mau jelaskan sedikit tentang program yang bagi masyarakat awam, ini suatu hal yang baru, mungkin juga suatu hal yang gila 

Tolong hentikan cara berpikir,
1. Pengangguran akan digaji??
2. Banyak honorer yang gajinya minim kok malah gaji pengangguran!?
3. Program ngk jelas!!

Yang Pertama,
PENGANGGURAN yang dimaksud bukan kek elo2 pada yang kerjaannya nyinyir doangan di media sosial & ngarep2/bermimpi bisa jadi jenderal 
PENGANGGURAN disini ialah mereka yang sudah masuk/terdaftar dalam bursa kerja/Informasi Pasar Kerja (IPK) Kementerian Ketenagakerjaan dan telah memasukan lowongan pd satu atau lebih lowongan serta berstatus sebagai "PENCARI KERJA" 
Selanjutnya PENCARI KERJA tersebut dalam hal mereka menunggu panggilan kerja, mereka bisa mendapatkan pelatihan2 di BBPLK atau BLK2 Kementerian/Lembaga serta mendapatkan bimbingan karir secara gratis tanpa dipunggut biaya apa pun (klau ada yg minta punggutan biaya/pungli silahkan adukan) serta diberikan insentif honor selama mengikuti pelatihan kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.....Oke!?

Yang Kedua,
Sabar Brothers & Sisters 
Teriakan kalian telah didengar Pemerintah & Presiden Joko Widodo Telah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang mana didalamnya telah mengatur antara lain Tata Cara Seleksi, Penggajian, Tunjangan, Jaminan Sosial, dan lain sebagainya 
So...selamat mengikuti seleksi ya dan yang telah lama mengabdi untuk negara dan bersungut dengan honor yang tidak layak, mungkin bisa membaca detail PP dimaksud karena sayang klau kalian tidak lulus seleksi 
Gimana....Oke!?

Yang Ketiga,
Program Skilling (Pelatihan Kerja), Up-Skilling (Peningkatan Kompetensi Kerja), & Program Re-Skilling (Ahli Kompetensi Kerja) ...Ngk jelas!? 
Wait kaka.. Bisa lihat2 dulu kaka.. Mari kita jelaskan lagi ya? 

1. Apa itu SKILLING?
- istilah ini sebenarnya bukan istilah baru, karena di Kementerian Ketenagakerjaan & Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya juga telah terdapat program tersebut, yaitu sebut istilah gampangnya program pelatihan kerja dasar atau biasa kami sebut dengan pelatihan kerja dengan kualifikasi kompetensi level 1, artinya dari kakak belum bisa apa2 menjadi bisa (analogi sederhana, cth: kakak blm tau cara masukin benang ke lobang jarum.. masuk program skilling ini, eehhh pas kakak pulang langsung bisa masukin benang ke lobang jarum yyeeaahhh)...paham!?

2. Apa itu UP-SKILLING
- Istilah ini bisa juga disebut dengan kata lain peningkatan kompetensi kerja Hhhhmmm...binatang apakah ini??
Setelah melalui pelatihan di atas atau jika kakak sudah seorang sarjana lulusan tingkat pendidikan vokasi (politeknik atau SMK) dan pengen meningkatkan level kualifikasi kompetensi kerja kakak, bisa masuk ke program ini (analogi sederhana, cth kakak udah bisa masukin benang ke lobang jarum tapi pengen banget belajar pake mesin jahit..eehh kaka ikut program ini, trus pas pulang kakak udah bs buka usaha jasa penjahit deh yeeeaahhh)...pahamkan??

3. Apa itu RE-SKILLING
-Istilah ini bisa disebut dengan kata lain beralih kompetensi kerja.. oke!? Langsung aja ke analogi sederhana ya?? Hehehee 

Jadi begini.. kakak udah buka usaha jasa penjahit & ternyata dikampung kakak banyak saingan jasa penjahit, trus kakak memutuskan mo beralih kompetensi ke penyablonan baju, silahkan daftar di program ini ya kakak hehehee 
Gimana...Udah paham belum!?

Ya.. Kira2 seperti itu yg bisa saya jelaskan, klau ada kurang lebih, mohon dimaafkan..maklumkan ya, saya juga manusia 

Untuk informasi lebih lanjut dan mungkin mau mendaftar bisa kunjungi
Website Kementerian Ketenagakerjaan RI di laman http://kemnaker.go.id/
atau datang ke Kementerian Ketenagakerjaan RI
yang beralamat di Jln. Jenderal Gatot Subroto Kav. 51, Jakarta Selatan
atau untuk yang diluar Jakarta bisa ke kantor dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah di bidang ketenagakerjaan pada masing2 provinsi atau kabupaten/kota 

Kiranya TUHAN YANG MAHA ESA Senantiasa Memberikan Rezeki/Berkat Kepada Kita Semua..Amin!!

#SelamatBekerja
#AyoKerja
#BursaKerjaNasional
#SupayaTau

#SalamWaras
Pace Acuz Tauruy
Seorang Babu Masyarakat

Sunday, March 10, 2019 - 23:45
Kategori Rubrik: