Menjawab Pertanyaan Teman Nakes

ilustrasi

Oleh : Agni B Sugiyamto

1. Pasien kontak erat dengan konfirmasi positif, di swab negatif apakah perlu isolasi?

2. Nakes kontak erat pasien konfirmasi positif 13 hari yang lalu, sekarang masih tanpa gejala swab positif, apakah perlu obat antivirus?

3. Nakes kontak erat pasien covid, 13 hari yang lalu, sedang hamil trimester ketiga, apakah perlu diisolasi di rumah sakit?

4. Wisma atlet penuh, buka tower 6, bagaimana pendapat dokter?

Ini jawaban saya, dokter pinggiran tidak penting, berdasarkan KMK dan guideline ke5.

1. Apabila suspek sudah di lakukan pemeriksaan negatif, maka orangbtersebut di keluarkan dari daftar suspek. Artinya dia bukan suspek, gak perlu isolasi dan bebaskan dari stigma sosial.

2. Kalau sdh terpapar 13 hari yang lalu masih asimtomatis, kemungkinan imunitas baik atau terpapar virus yang lemah/mati. Perbaiki lagi imunitas, jangan stres, tidur cukup, berjemur, minum mpon mponnya, dan isolasi mandirindi rumah saja.

 

3. Sebaiknya ibu hamil, bila tanpa gejala isolasi mandiri di rumah saja. Bila dirawat di rumah sakit, tentunya akan dirawat di ruang isolasi. Di ruang isolasi diperiksa oleh dokter dan perawat berbaju hazmat itu, dan menggunakan APD yang sama untuk memeriksa pasien bergejala sedang berat. Justeru akan membawa viral load yang lebih besar kepada pasien yang asimtomatis hamil ini. Sebaiknya dirawat isolasi mandiri di rumah dan di monitor oleh petugas kesehatan pribadi (home care).

4. Apakah wisma atlet sudah menerapkan guideline who terbaru? Kalau sudah, mestinya pasien yang asimtomatis 10 hari kebelakang dia anggap "sembuh" tanpa harus diswab 2 x negatif. Saya liat angka sebelum tanggal 13 Juli (keluar KMK terbaru) dengan beberapa hari sebelumnya kurang lebih sama.. Padahal kalau KMK di terapkan, banyak yang bisa lepas isolasi

Gampang aja jawabnya, semua harus sesuai GUIDELINE terbaru.

Sumber : Status Facebook Agni B Sugiyamto

Tuesday, July 28, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: